Tahun Depan, Dana PIWK Kota Tasik Naik 24 Persen Lebih

 2,788 total views

Dadang M Romdoni / Seda
Dadang M Romdoni / Seda

Kota, Wartatasik.com – Sesuai perencanaan, Anggaran Pagu Indikatif Wilayah Kecamatan (PIWK) Kota Tasikmalaya untuk Tahun 2018 mendatang mengalami kenaikan sebesar 24,57 persen dari tahun sekarang. PPTK Perencanaan PIWK pada Badan Perencana Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Tasikmalaya Dadang. M Romdon mengatakan, kenaikan anggaran PIWK karena diproyeksikan pendapatan daerah mengalami kenaikan.

”PAD Kota Tasikmalaya cukup baik. Kita optimis dalam menaikan pendapatan untuk peningkatan pelayanan publik,” ujarnya, Senin (23/01). Ia menambahkan, dana tersebut akan ditransfer ke rekening 10 kecamatan yang selanjutnya akan dipergunakan sesuai dengan juklak dan juknisnya. ”Dana PIWK digunakan  di empat sektor yakni sektor ekonomi, infrastruktur, sosial budaya serta pemerintahan,” jelas Dadang.

Porsi penggunaan dana PIWK dari ke empat sektor tersebut, lanjut Ia, disesuaikan dengan  aturan yang sudah ditentukan. ”Sektor ekonomi minimal sebesar 25% dari total dana PIWK per kecamatan, infrastruktur maksimal 30%, sosbud maksimal 20%, dan pemerintahan maksimal 25 %,” sebut Ia. Indikator penentuan besarnya jumlah dana PIWK yang diterima di 10 kecamatan, Ia menuturkan, ditentukan beberapa variabel yaitu jumlah rumah tangga miskin, jumlah kelurahan, nilai indeks pembangunan manusia (IPM), luas wilayah, jumlah penduduk, sanitasi serta PDRB per kapita.

”Nilai PIWK untuk masing-masing kecamatan bervariatif karena ditentukan ke tujuh variabel tersebut. Untuk nilai terbesarnya di Kecamatan Tamansari yakni Rp. 3,9 milyar, sedangkan terkecil di Kecamatan Tawang Rp. 2,6 milyar, dengan jumlah total keseluruhan dana PIWK Kota Tasikmalaya tahun 2018 sebesar Rp. 31,89 milyar,” tandasnya.

Laporan: Seda

Related posts