Tahun Ini, Kominfo Target Semua Kecamatan dan Kelurahan Terkoneksi Internet

 1,904 total views

Bidang Kominfo Dishubkominfo Kota Tasikmalaya saat melakukan penentuan koordinat titik lokasi untuk jaringan internat di kelurahan dan kecamatan. | Foto Grid : Indra/Asron
Bidang Kominfo Dishubkominfo Kota Tasikmalaya saat melakukan penentuan koordinat titik lokasi untuk jaringan internat di kelurahan dan kecamatan. | Foto Grid : Indra/Asron

Kota, wartatasik.com – Bidang Kominfo Dishubkominfo Kota Tasikmalaya, Kamis (11/02) melaksanakan kegiatan penentuan titik koordinat lokasi untuk jaringan internet ke seluruh kantor kecamatan dan kelurahan. Kegiatan tersebut sebagai salah satu bentuk real pemerintah kota dalam mewujudkan Tasikmalaya sebagai Kota Cerdas atau Smart City Tahun 2019 mendatang.

Kabid Kominfo Achmad Taufik mengatakan, terkoneksinya jaringan internet di seluruh kecamatan dan kelurahan merupakan target programnya di tahun ini. Hal itu, lanjutnya, untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat dengan berbasis administrasi secara elektronik.

“Kegunaan dan manfaatnya banyak. Bisa untuk transaksi data ataupun yang lainnya. Ini salah satu program kami yang akan direalisasikan di tahun ini dan merupakan dorongan untuk mewujudkan Tasikmalaya sebagai Kota cerdas atau Smart City,” ungkapnya.

Sementara, Kasi Aplikasi dan Informatika Bidang Kominfo Yani Sulaeman Agustin menerangkan penyurveian lokasi sudah dilakukannya sejak Hari Selasa kemarin dan penentuan titik koordinat di 69 kelurahan dan 10 kecamatan tersebut merupakan proses awal dari kegiatannya.

“Maksud dan tujuannya untuk mengetahui kelurahan mana yang harus diberikan perangkat penunjang. Misalnya, jika kelurahannya berdekatan dengan sekolah dan puskesmas tentu akan diberikan perangkat internet berupa hotspot untuk pelayanan publik. Kami pun akan memasang tower penerima akses internet untuk disuplai langsung dari Bidang Kominfo,” paparnya.

Ditempat yang sama, Pelaksana Teknis Agus Suryana menjelaskan dalam penentuan koordinat titik lokasi, Bidang Kominfo menggunakan alat Global Positioning System (GPS) atau sistem penentuan lokasi berdasarkan sinyal satelit yang akan menghasilkan informasi berupa koordinat, latitude dan lokasi dalam peta. ”Dengan ini, kami akan mengetahui titik koordinat yang harus dipasang nantinya,” singkat Ia. Asron/Indra

 

Related posts

Leave a Comment