Tanggapi LKPJ Walikota Tasik, Dewan Akan Bentuk Pansus

 2,861 total views

Situasi Sidang Paripurna yang mengagendakan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Walikota, Senin (26/03) | foto: Seda
Situasi Sidang Paripurna yang mengagendakan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Walikota, Senin (26/03) | foto: Seda

Kota,Wartatasik.com – Menanggapi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Walikota Tahun 2016 dalam acara Paripurna LKPJ tahun 2016, Senin (26/03) di ruang Rapat Utama DPRD Kota Tasikmalaya. Ketua DPRD Kota Tasikmalaya Agus Wahyudin, usai mendengarkan LKPJ dalam rapat Paripurna Walikota mengatakan, berdasarkan undang-undang pemerintahan daerah, kewajiban seorang kepala Daerah, harus menyampaikan laporan pertanggungjawaban selama satu tahun anggaran.

“Kepala Daerah harus menyampaikan laporan pertanggungjawabannya tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir, wajib melaporkan kegiatannya. Pertanggungjawaban Walikota dalam melaksanakan kegiatan selama satu tahun anggaran berjalan merupakan kewajiban Walikota. Ada tiga laporan yang harus di penuhi, pertama laporan pertanggungjawaban ke Pusat atau institusinya (LPPD), kedua Laporan pertanggungjawaban ke pihak Dewan serta laporan informasi pertanggungjawaban kepada Masyarakat (publik),” terangnya.

Agus menambahkan, LKPJ yang telah disampaikan Walikota melalui Paripurna tersebut, selanjutnya akan dilakukan pembahasan oleh dewan, “Kami akan membentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk membahas laporan Walikota yang telah disampaikan tadi. Dalam pembentukan Pansus yang akan dibentuk tanggal 03 april mendatang, akan melibatkan 23 orang anggota Dewan. Pansus tersebut akan bekerja untuk mengetahui kebenaran laporan yang telah disampaikan, kita akan melakukan pengecekan kelapangan atau check on the spot, kami tidak mau apa yang disampaikan Walikota dalam laporan pertanggungjawabannya tadi, berbeda dengan yang ada dilapangan,” tandasnya.

Laporan: Seda

Related posts