Temukan Beras Rastra Berkutu, Pemkot Minta Bulog Perbaiki Kualitas

 302 total views,  2 views today

Tumpukan beras di Gudang Bulog / Seda

Kota, Wartatasik.com – Terkait temuan adanya beras sejahtera (Rastra) bagi masyarakat miskin yang berkutu atau terdapat hama oleh TPID Kota Tasikmalaya beberapa waktu lalu, ditindaklanjuti oleh Dinas Sosial dengan melakukan sidak ke Gudang Penyimpanan Beras Bulog di daerah Mangkubumi guna memastikan kebenarannya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Sosial Kota Tasikmalaya H. M. Firmansyah mengatakan, dengan temuan itu pihaknya merasa terpanggil untuk melakukan pengecekan lapangan. ”Dinsos sebagai Supervisor untuk PKH sesuai peraturan yang ada merasa terpanggil untuk mengawasi dan mengetahui kondisi beras yang akan didistribusikan kepada masyarakat miskin. Kita cek kualitas dan kelayakannya,” ujar Ia, Selasa (30/05).

Hasil dari pengecekan, diterangkan Firman, pihaknya menemukan beberapa tumpukan karung beras yang akan didistribusikan mengandung hama atau berkutu. Kita minta pihak pengelola gudang bulog untuk menjaga dan memperbaiki kondisi beras yang akan didistribusikan kepada masyarakat agar kualitasnya benar-benar layak dikonsumsi. Masyarakat sebagai penerima manfaat boleh menolak beras jika kondisinya tidak bagus atau jelek karena beras tersebut dibeli alias tidak cuma-cuma,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Gudang Bulog Linggajaya Mangkubumi Arief Kurniawan menjelaskan, kondisi beras yang mengandung kutu sering terjadi dan pihaknya juga kerap melakukan reprosesing atau pengelolaan ulang beras beserta karungnya agar tidak terserang hama. ”Beras yang ditemukan Tim Sidak dari Pemkot kondisinya sudah lama tersimpan di gudang karena belum ada permintaan penyaluran dari penyalur PKH. Mungkin karena cukup lama sehingga ada hama kutu yang masuk ke dalam karung beras,” terang Ia.

Arief menegaskan akan melakukan pengecekan secara rutin terhadap tumpukan-tumpukan beras yang ada di dalam gudang. ”Kami akan terus mengecek kondisi Rastra sebelum didistribusikan kepada penerima manfaat agar tetap terjaga dan terhindar dari hama,” tandasnya.

Laporan: Seda

Related posts