Terkait Bendungan Leuwi Keris, Warga Ciamis Tuntut Janji Pemerintah Pusat

 3,603 total views

Jujang | Foto : Tantan
Jujang | Foto : Tantan

Ciamis, Wartatasik.com – Pemilik tanah yang lahannya bakal terdampak pembangunan Leuwi Keris di bantaran sungai Citanduy di Desa Ciharalang dan Handapherang Kecamatan Cijeungjing mempertanyakan pencairan uang ganti untung yang telah dijanjikan oleh Pemerintah Pusat.

“Pembebasan lahan milik warga yang berada di zona Kabupaten Tasikmalaya sudah dilaksanakan. Bahkan warga Dusun Guha Desa Handapherang Kecamatan Cijeungjing yang mempunyai tanah di daerah seberang Tasikmalaya, sudah menerima transferan uang ke rekening miliknya,” kata tokoh pemuda yang juga warga pemilik lahan Jujang selaku warga Dusun Guha RT 19 RW 08 Desa Handapherang Kecamatan Cijeungjing, Ciamis, Jawa Barat, Selasa (19/07).

Jujang menerangkan, warga pemilik tanah di zona Kabupaten Ciamis yaitu Desa Handapherang dan Ciharalang juga penasaran kapan penggantian tanah milik warga yang berada di zona Ciamis. “Ya kami sangat menunggu kepastian kapan pembayaranya. Soalnya yang di wilayah Tasikmalaya sudah dilaksanakan, kenapa Ciamis terlambat,” ujarnya.

Terpisah, salah satu warga lainnya Dayat menambahkan, penggantian lahan yang dilaksanakan di Tasikmalaya membuat cemburu pemilik lahan yang berada di zona Ciamis. Makanya, warga pemilik lahan meminta kepada pemerintah untuk segera membayar ganti untung pembebasan lahan pembangunan Bendungan Leuwi Keris. “Kami tidak mengharapkan pembangunan bendungan dilaksanakan sebelum pembayaran ganti untung lahan masyarakat selesai,” tegas Ia.

Hingga kini pihaknya mengaku heran kenapa pembayaran ganti untung di dahulukan di wilayah Tasikmalaya. Padahal, katanya, wilayah terluas genangan adalah zona Ciamis. Walaupun begitu, pihaknya mendesak kepada pemerintah dalam hal ini BBWS ataupun Kementerian PUPR agar segera membayarkan hak warga pemilik tanah di zona Ciamis. “Ya harus segera dibayarkan, jangan sampai membuat pemilik lahan cemas takut tidak dibayar,” tandasnya. (Laporan Kontributor/Tantan)

 

Related posts

Leave a Comment