Terkait Proyek Irigasi di Cibeureum, PSDA Sudah Layangkan Pemberitahuan

 2,270 total views

Kegiatan Rehabilitasi Irigasi Hanjaro Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya. | Foto : EQi
Kegiatan Rehabilitasi Irigasi Hanjaro Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya. | Foto : EQi

Kota, Wartatasik.com – Pengerjaan proyek irigasi di Kampung Ciherang RT 05 RW 01 Kel. Ciakar Kec. Cibeureum Kota Tasikmalaya yang disoal warga karena dikerjakan tanpa adanya pemberitahuan kepada lingkungan setempat dan tidak disertai papan informasi atau papan proyek dibantah Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bidang PSDA Dinas Binamarga Kota Tasikmalaya Heru Heryana sebagai proyek siluman.

Ia mengatakan, selama ini pihaknya sudah memberikan tembusan atau pemberitahuan kepada kantor kecamatan dan kelurahan untuk kegiatan pembangunan irigasi sepanjang kurang lebih 100 meter tersebut. Sedangkan, terkait pemasangan papan informasi proyek lanjut ia merupakan tanggung jawab atau kewajiban daripada rekanan yang mengerjakannya.

Dijelaskan Heru, proyek tersebut adalah kegiatan Rehabilitasi Irigasi Hanjaro Kecamatan Cibeureum dengan nilai kontrak sebesar Rp. 197.400.000 untuk saluran pasangan sepanjang 110 meter. Lamanya waktu pengerjaan 40 hari dan dikerjakan oleh CV. Shinta Jaya dengan No. Kontrak 610/5078/spk-konstr/psda_dbmppe/2015.

“Kami sudah mengkoordinasikan kepada rekanan agar secepatnya memasang papan informasi termasuk mensosialisasikan pelaksanaan pembangunan tersebut khususnya kepada warga di lingkungan setempat. Selain itu, kami juga akan kembali memberitahukan sekali lagi kepada unsur-unsur yang ada disana,” papar Ia, Jum’at (20/11).

Sementara di tempat terpisah, Ketua Karang Taruna Kel. Ciakar Dodoy menegaskan, Ia bersama warga lainnya akan menutup sementara pengerjaan proyek irigasi tersebut jika pihak terkait tidak menunjukkan itikad baik. “Tujuannya untuk memberikan pelajaran bagi semua pihak bahwa pengerjaan proyek pembangunan daerah harus dilakukan dengan transparan sesuai Undang- undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Intinya, harus saling menghargai karena proyek ini menggunakan uang rakyat,” pungkasnya. EQi

Related posts

Leave a Comment