Tingkatkan Komoditi, Wujudkan Kemandirian Ketahanan Pangan

 895 total views

Enung Nurteti | Foto : EQi
Enung Nurteti | Foto : EQi

Kota, Wartatasik.com – Dalam rangka mewujudkan kemandirian ketahanan pangan dan merealisasikan salah satu program Nawacita point 7 yaitu mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakan sektor-sektor strategis ekonomi domestik, Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Tasikmalaya di tahun ini berencana akan melakukan upaya peningkatan di bidang hortilkultura seperti buah –buahan, Salak Pontas, Pepaya, Manggis, Cabai merah dan Cabai rawit.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Enung Nurteti mengatakan, upaya real yang akan dilakukannya di lapangan yakni peningkatan pemupukan berimbang, pengendalian (Organisasi Pengganggu Tanaman (OPT), pengadaan Alsitan, Traktor dan Pompa Air. “Disamping itu, peningkatan sumber irigasi dengan pembuatan Dam parit, irigasi permukaan dan perbaikan atau pembuatan Dam Tertier. Sedangkan, untuk komoditi Cabai merah dan Cabai rawit atau sayuran akan dikembangan oleh kelompok wanita tani,” ungkapnya, Senin (25/01).

Ia menjelaskan, lokasi yang akan dikembangkan untuk komoditi buah Manggis yaitu di daerah Kecamatan Tamansari. Untuk Pepaya, lanjut Ia, di Urug dan Kecamatan Tamansari serta komoditi Salak Pontas di Urug dan Ciakar Kec. Cibeureum. “Program=program  tersebut akan dilaksanakan oleh kelompok tani (Gapoktan) yang sudah berjalan selama ini,” tandasnya. EQi

 

Related posts

Leave a Comment