Tingkatkan Pola Hidup Sehat Melalui Germas

 1,223 total views

Siti Mufatthahberfoto bersama dengan paserta sosialisasi Germas / Seda
Siti Mufatthahberfoto bersama dengan paserta sosialisasi Germas / Seda

Kota, Wartatasik.com – Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) sangat berguna dan penting dilakukan di setiap daerah dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan. Oleh karena itu, sebagai wakil rakyat yang ada dipusat dan membidangi masalah kesehatan sangat mendukung program tersebut khususnya di wilayah Kota Tasikmalaya. Demikian diungkapkan Anggota DPR/MPR RI dari Komisi IX Siti Mufattahah saat memberikan pemaparan dalam acara sosialisasi program Germas di Gedung Dakwah Islamiyah (GDI), Selasa (29/11).

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh kalangan mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai Perguruan Tinggi yang ada di Kota Tasikmalaya itu, Siti menjelaskan, kesehatan merupakan aset yang sangat berharga dan paling mendasar bagi semua orang. Manusia berhak untuk hidup sehat dan sejahtera. ”Melalui sosialisasi ini, kita dapat mengetahui serta memberikan pemahaman kepada peserta tentang bagaimana cara agar dapat hidup sehat dan masyarakat lebih sadar untuk memperhatikan kesehatannya, mulai dari pola hidup sehat, gaya hidup serta faktor lingkungan,” terangnya.

Pihaknya mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya itu dengan harapan semua peserta yang ikuti dapat meningkatkan kebersamaan untuk melakukan gerakan masyarakat hidup sehat karena kesehatan merupakan kebutuhan yang dasar. “Khususnya adik-adik Mahasiswa dan Mahasiswi diharapkan bisa menjadi agen-agen perubahan dalam gerakan masyarakat sehat,” tuturnya. Sementara itu, Kasubdit Okupasi dan Surveilans Kementerian Kesehatan RI Dr. Guntur Argana yang juga hadir memberikan materi mengatakan, kondisi penyakit sekarang mengalami pergeseran. ”Tahun sembilan puluhan, penyakit menular (PM) meningkat tajam. Namun, di tahun dua ribuan bergeser ke Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti jantung, Hipertensi, Asma, Stroke dan Diabetes,” ujarnya.

Dijelaskan Ia, tingginya PTM yang terjadi saat ini disebabkan banyak faktor. ”Germas mengupayakan dan mengakselerasi kembali kegiatan untuk mencegah penyakit-penyakit yang tidak menular. Kita munculkan kembali supaya menggerakan masyarakat untuk sadar dan mau mencegah penyakit,” papar Guntur. Ia melanjutkan, PTM disebabkan gaya hidup diantaranya pola hidup tidak sehat seperti kurang aktifitas fisik, merokok, jarang olahraga, makan buah dan sayur-sayuran. “Untuk itu, saya berpesan walaaupun saat ini sudah banyak program bantuan dari Pemerintah semisal BPJS atau yang lainnya, namun lebih baik mencegah penyakit dari pada mengobatinya,” tandas Ia.

Laporan: Seda

Related posts