Tips Bedakan Beras Asli dengan Sintetis

 2,204 total views

Beras Sintetis.Dok/Net
Beras Sintetis.Dok/Net

Kota, Wartatasik.com – Kabid. Perdagangan dan Perlindungan Konsumen Diskoperindag Kota Tasikmalaya H. Wawan Hermawan memberikan beberapa poin tips cara untuk membedakan antara beras asli dan buatan atau sintetis. Ia menjelaskan, beras asli memiliki warna putih tulang sedangkan yang palsu berwarna putih bening.

“Itu dari segi warna. Lalu dari hal lainnya, beras yang asli memiliki mata tunas dan kalau digigit mudah patah atau rapuh sedangkan yang palsu tidak ada mata tunas dan jika digigit terasa alot. Begitupun ketika dicuci akan lebih jelas terlihat berbeda meski berasnya dicampur dengan yang asli,” katanya kepada wartatasik.com, Kamis (21/05)

Lebih lanjut ia mengatakan, yang harus lebih dicurigai yakni ketika beras sedang dinanak perbedaannya akan nampak jelas misalnya untuk beras palsu akan cepat meleleh dibanding yang asli. “Beras asli akan numpang dengan beras plastik yang terlebih dulu mencair karena terkena panas. Itu sudah dipastikan beras palsu sudah tercampur dengan yang aslinya. Jika melihat ciri-ciri tersebut masyarakat berhak melaporkannya kepada yang berwenang,” pungkasnya. Asron

Related posts

Leave a Comment