Tips Puasa Sehat ala Kadinkes Kota Tasik

 609 total views,  2 views today

dr. H. Cecep Zainal Kholis / Indra

Kota, Wartatasik.com – Memasuki bulan Ramadhan, pola makan berubah dari hari biasanya. Menahan makan dan minum selama sehari penuh menjadi kewajiban bagi yang melaksanakan puasa. Dengan demikian, dianggap perlu untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat dengan asupan-asupan yang bergizi dan seimbang.

Berbicara kesehatan tubuh, ada sejumlah tips yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya dr. H. Cecep Zainal Kholis. Saat berbincang di ruang kerjanya, Rabu (30/05), Ia mengatakan, untuk menjaga daya tahan tubuh khususnya dalam melaksanakan puasa di Bulan Ramadhan tak lepas dari rumus 3T yakni Terpilih, Terukur dan Terjadwal.

Penjabarannya, terang H. Hecep, Terpilih dalam arti memberikan asupan untuk tubuh dengan makanan yang bergizi dan seimbang sesuai dengan kebutuhannya, seperti Zat Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin dan kandungan lainnya dengan presentase tertentu. Jenis mekanan diantaranya Nasi, Sayuran, Buah-buahan, daging atau ikan.

Terukur, dengan porsi atau jumlah yang secukupnya atau tidak seenaknya seperti yang dicontohkan Rosulullah SAW untuk tidak berlebihan. Terjadwal, dengan waktu yang tetap. “Kalau hari biasa mulai pagi, siang dan sore atau petang jangan melewati Jam 7. Sedangkan di bulan puasa tinggal menuruti waktu sesuai ketentuannya. Itu sangat baik untuk kesehatan,” katanya.

“Intinya, pola makan yang baik dengan mamilih makanan yang baik pula. Secara medis, puasa bisa menyehatkan. Begitu pula menurut Agama. Bahkan , bagi sebagian orang, puasa dijadikan metode pengobatan. Karena, seperti kata Rosul bahwa lambung itu sumbernya penyakit dan pengobatan utamannya dengan mantang atau puasa. Misal, Hipertensi, puasa asinan. Jantung, puasa gajih-gajihan dan kencing manis puasa yang manis-manis. Jangan lupa istirahat yang cukup,” terang Ia.

Jadi, lanjutnya, puasa wajib di bulan ramadhan dapat mengobati seluruh penyakit yang diderita. Efeknya juga sangat baik. Dilaksanakan dengan niat bisa mengundang rasa tenang atau ketenangan bagi diri. “Untuk itu, mari kita jaga kesehatan tubuh khususnya selama menjalankan puasa dengan memperhatikan hal-hal tersebut,” tandasnya.

Laporan: Asron/Indra

Related posts