Toni Harap Hari Pertama Puasa, Sama

 1,497 total views

H. Ahmad Patoni. Dok
H. Ahmad Patoni. Dok

Kota, Wartatasik.com – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tasikmalaya H. Ahmad Patoni mengatakan belum bisa memutuskan atau memastikan terkait jatuhnya hari dan tanggal 1 Ramadhan 1436 H. Karena, katanya, dalam waktu dekat tepatnya Tanggal 16 Juni 2015 nanti pihaknya baru akan melakukan penglihatan hilal ke Cipatujah Kab. Tasikmalaya bersama tim dari Badan Hisab dan Rukyat Daerah (BHRD) yang didalamnya tergabung Ormas-ormas Islam di Kota Tasikmalaya.

“Nanti, hasilnya akan kita laporkan ke pusat jika memang sudah bisa dilihat (Hilal). Untuk sementara ini, kalau dilihat dari kalender yang ada dan perhitungan Hisab sudah ditentukan 18 Juni sebagai hari pertama puasa. Namun, dalam hal ini perlu dilakukan rukyatul hilal atau penglihatan hilal. Jadi sementara ini belum bisa mengambil kesimpulan,” katanya, Senin (08/06).

Toni (Panggilan Akrab) berharap, hari pertama bulan Ramadhan jatuh pada hari yang sama alias tidak ada perbedaan. Meskipun ada yang beda, pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat kota agar dapat saling menghargai dan menghormatinya. “Sampai saat ini belum ada pihak yang sudah mementukan dan melaporkan kepada kami. Namun, menurut kabar tahun ini hari pertama puasa akan sama. Mudah-mudahan saja benar. Kami harap proses rukyatul hilal dengan perlalatan yang baru nanti dapat menghasilkan keputusan yang positif dan bisa dipertanggung jawabkan secara dunia maupun akhirat,” tandasnya. Indra/Asron

Related posts

Leave a Comment