TTD: Pemkot Tasik Memang Lalai dan Tak Becus Jaga Benda Sejarah

 2,059 total views

Hendar Cunay | Foto : Dok
Hendar Cunay | Foto : Dok

Kota, Wartatasik.com – Menanggapi pemberitaan Media Online Wartatasik.com edisi Kamis kemarin terkait lemahnya pengawasan Disbudparpora terhadap keberadaan cagar budaya, Ketua Komunitas Tasikmalaya Tempo Doeloe (TTD) Hendar Cunay mengaku turut menyesal dan menyayangkan atas ketidakbecusan pihak terkait dalam menjaga serta merawat asset sebagai jati diri daerah tersebut.

Ia menilai, sekarang ini bentuk kepedulian dari Pemkot Tasikmalaya khususnya Dinas Pariwisata terhadap benda-benda bersejarah maupun benda cagar budaya sangat minim sehingga tidak menutup kemungkinan kedepan asset-asset itu bakal hilang satu per satu jika kondisi tersebut dibiarkan. “Kalau kejadian seperti yang diberitakan kemarin benar bahwa ada satu cagar budaya yang hilang itu sangat keterlaluan dan kami pun turut prihatin karena Pemkot memang lalai dan tidak becus menjaganya,” tegas Cunay, Jum’at (16/9).

Dirinya mengatakan, upaya perawatan atau pemeliharaan harus intens dilakukan mengingat pentingnya keberadaan situs-situs sejarah maupun cagar budaya dan hal itu sekaligus menanamkan serta menumbuhkembangkan rasa cinta dan kepedulian khususnya bagi para generasi muda terhadap daerahnya sendiri.

Laporan: Indra/Asron

 

Related posts