TTD Tuntut Dewan Turun Tangan Urus Perombakan Cagar Budaya di Kota Tasik

 2,612 total views

Salah satu cagar budaya di Kota Tasikmalaya berupa rumah tinggal yang dirombak oleh pemiliknya di Wilayah Kec. Tawang | Foto : Indra
Salah satu cagar budaya di Kota Tasikmalaya berupa rumah tinggal yang dirombak oleh pemiliknya di Wilayah Kec. Tawang | Foto : Dok. Wartatasik

Kota, Wartatasik.com – Menyikapi adanya perombakan salah satu cagar budaya di Wilayah Kel. Tawangsari Kecamatan Tawang yang berakibat bisa terhapusnya dari daftar data cagar budaya di Kota Tasikmalaya, Komunitas Tasikmalaya Tempo Doeloe (TTD) menuntut DPRD agar segera turun tangan untuk menangani permasalahan tersebut.

Ketua TTD Hendar Cunay menegaskan, bahwa hal tersebut menunjukan ketidakpedulian Pemkot Tasik khususnya Dinas Parawisata terhadap keberadaan situs-situs bersejarah atau bagunan cagar budaya. “Seharusnya pemerintah mengelola asset itu karena sudah menjadi tanggung jawabnya sesuai dalam Pasal 18 Undang-undang No. 5 tahun 1992 tentang cagar budaya berikut melakukan pengawasannya sesuai dalam Pasal 24,” terang Ia, Jum’at (16/9).

Cunay menjelaskan, upaya pengawasan dilaksanakan oleh Dinas Parawisata sesuai dengan Pasal 3 Undang-undang No 9 tahun 1990 tentang kepariwisataan. Dalam Pasal tersebut disebutkan tujuan pariwisata yakni memperkenalkan, mendayagunakan, melestarikan dan meningkatkan obyek wisata yang salah satunya berupa peninggalan sejarah sesuai Pasal 4 Undang-undang tersebut.

“Dengan ini, kami dari TTD sangat berharap pihak DPRD segera memanggil dinas terkait dan mempertanyakan kejadian tersebut. Jika tidak, maka kami yang akan datang ke dewan untuk menuntut adanya tindak lanjut. Karena, kalau kondisi ini terus dibiarkan dan sikap Dinas Parawisata seperti itu tidak menutupkemungkinan benda atau bangunan peninggalan sejarah yang lainnya juga bakal hilang,” tandasnya.

Laporan: Asron/Indra

Related posts