Tunggu Pengumuman Pemenang Lelang, TMP Siap Ditata

 1,837 total views

Hayatuloh Ansori / Asron

Kota, Wartatasik.com – Penataan Taman Makam Pahlawan (TMP) Karoeng Kota Tasikmalaya yang telah direncanakan Pemerintah sejak tahun kemarin sebentar lagi akan terlaksana. Kini, kegiatan tersebut sudah masuk ke tahap proses lelang dan tinggal menunggu pengumuman pemenang tender.

Kabid. Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kota Tasikmalaya Hayatuloh Ansori didampingi PPTK Anna F. Vivarena menerangkan, kegiatan penataan disatukan dengan pemeliharaan rutin yang biasa dilaksanakan tiap tahun. “Nilai totalnya 400 jutaan lebih. Bentuknya penggantian sekaligus penamaan nisan 900 lebih makam pejuang. Bahannya dari batu marmer,” jelas Hayatuloh, Senin (10/07).

Ia menuturkan, penamaan data atau identitas makam yang ada bukan merupakan hal yang sulit karena nama-nama para pejuang yang telah gugur tersebut tertuang dalam daftar. “Jadi, nantinya akan sesuai karena kami berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melihat berdasarkan daftar yang ada sehingga pihak keluarga nantinya tidak akan bingung jika melakukan ziarah,” tambahnya.

Sementara, Sekretaris Dinas H. Moh. Dani menegaskan, penataan dilakukan sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan bagi para pendahulu yang telah memperjuangkan kemerdekaan Bangsa Indonesia khususnya di daerah Tasikmalaya. “Ini suatu keharusan buat kita sebagai para penerus minimal menatan dan memelihara tempat bersemayamnya para pahlawan tersebut,” ujar Dani.

Pihaknya berharap, dari sekarang hingga kedepannya ada peran serta masyarakat untuk turut merawat tempat pengistirahatan terakhir pejuang itu mulai dari menjaga kebersihan, tidak melakukan vandalisme dan hal-hal lain yang membuat TMP terlihat kumuh kotor serta tak sedap dipandang mata. “Insyallah kedepan kita bisa melakukan hal yang lebih dari ini. Untuk itu mohon dukungan serta peran aktif dalam menjaga fasilitas tersebut,” tandasnya. Laporan: Indra/Asron

Related posts