Uji Coba Bus Otonom di Australia

 1,681 total views

net
net

Internasional, Wartatasik.com РBus otonom The Royal Auto Club (RAC), Intellibus mulai diuji coba di jalanan Australia. Bus otonom pertama Australia ini akan membawa penumpang di Perth, Australia. Seperti dilansir Caradvice, Selasa (6/9), bus otonom ini bisa memindai sekelilingnya dengan sensor Lidar 2D dan 3D. Sedangkan kamera stereovision membantu bus ini membaca sinyal lampu lalu lintas, mengenali kendaraan lain dan hal lainnya yang mungkin ada di jalan.

GPS dan sistem odometry membantu bus untuk mengukur lokasi dan posisinya. Intellibus juga dibekali pengereman darurat otonom (autonomous emergency braking/AEB) untuk menghindari tabrakan. Bus ini menerapkan teknologi otonom tingkat lima yaitu teknologi otonom tinkat tertinggi dan paling canggih. Ini juga menjadikannya sebagai kendaraan seri produksi pertama yang menerapkan sistem otonom sepenuhnya.

Bus otonom hanya beroperasi pada kecepatan rata-rata 25 km/jam dengan kecepatan maksimal 45 km/jam. Bus bisa mengangkut hingga 11 penumpang. “Sebuah bus otonom akan memberikan solusi transportasi jauh lebih aman dan lebih nyaman. Sehingga jumlah mobil lebih sedikit yang digunakan di dalam perkotaan dan lokasi pusat bisnis, mengakibatkan terurainya kemacetan dan bermanfaat untuk lingkungan,” kata juru bicara Australian Driverless Vehicle Initiative (ADVI) Peter Damen.

Sumber: detik.com

Related posts