Undang: Jangan Kesampingkan Program Kebudayaan

 1,846 total views

H. Undang Hendiana / EQi
H. Undang Hendiana / EQi

Kota, Wartatasik.com – Kegiatan Kibar Budaya di Kota Tasikmalaya sudah memasuki tahun ketiga atau Jilid III. Dari sejak dibentuknya Dewan Kesenian sampai sekarang, pihak Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Tasikmalaya telah menginisiasi para praktisi kesenian, Hingga saat ini sudah terhimpun 10 rumpun kesenian seperti Seni Karawitan, Seni Rupa, Fashion, Pedalangan, Film, Musik, Teater dan lain sebagainya. Demikian diterangkan Kadisbudparpora H. Undang Hendiana saat ditemui usai Opening Kibar Bidaya Jilid III di Gedung Kesenian Tasikmalaya, belum lama ini. Ia mengatakan, para rumpun seni tersebut diberi kesempatan untuk berkreatifitas di Gedung Kesenian.

Disamping itu, tambah Ia, pertunjukan kesenian menunjukan adanya peningkatan edukasi bagi para pelaku seni, misalnya dengan adanya workshop dan melakukan Forum Group Discussion (FGD) dengan beberapa daerah. “Karena kami ingin berorientasi budaya lokal yang mampu bersaing dengan dunia Internasional,” tegas Undang. Dijelaskannya, tujuan diadakan Kibar Budaya untuk upaya mempromosikan Kota Tasikmalaya melalui Budaya. Para seniman Kota Tasik tidak kalah kualitas dengan para pelaku di luar kota juga mampu bersaing. Terbukti, pada tahun kemarin dalam pasang giri tari kreatif tingkat Jawa Barat berhasil memboyong juara kedua. “Kami optimis terhadap para pelaku seni di kota ini,” tuturnya.

Untuk hal yang berkaitan dengan sarana prasarana yang dimiliki sekarang ini, lanjut Undang, sudah cukup representatif, seperti dengan adanya Gedung Kesenian yang sudah beberapa kali dijadikan tempat kegiatan atau pertunjukan seni dari luar kota atau bahkan pernah kedatangan seniman dari Australia. “Intinya, kita semua jangan sampai mengesampingkan program kebudayaan dalam rangka pembangunan Kota Tasikmalaya, “ pungkasnya.

Laporan: EQi

Related posts