Urusan Pangan, Ucu: Jangan Jadi Tamu di Rumah Sendiri !

 7,579 total views

Ucu Anwar Surahman / Asron
Ucu Anwar Surahman / Asron

Kota, Wartatasik.com – Dinas Katahanan Pangan Kota Tasikmalaya mengajak masyarakat untuk tidak bergantung terhadap makanan-makanan yang berorientasi impor, karena pangan lokal sendiri lebih kaya dibanding pangan impor. Salah satunya dengan mengurangi konsumsi makanan cepat saji (Fast Food).

Hal itu diungkapkan Kabid. Konsumsi dan Keamanan Pangan DKP Kota Tasikmalaya Ucu Anwar Surahman saat menggelar Bimtek Peranekaragaman Pangan Lokal di SMK Perwari, Selasa (21/03) tadi siang. Ia mengatakan, selain lebih bersih (Higienis), pangan lokal lebih terjaga gizi dan nutrisinya juga keamanan serta kehalalannya sehingga hal tersebut bisa mengurangi tingkat kekhawatiran terhadap konsumsi masyarakat.

“Disamping itu, bisa menjamin keberlangsungan ekonomi. Kalau kita selalu berorientasi kepada makanan-makanan modern atau impor sejatinya kita sudah kehilangan jati diri. Tapi, jika kita mengembalikan kepada kekayaan alam bahwa kearifan lokal itu akan lebih tinggi derajatnya maka pangan lokal ini akan semakin jaya dan tidak menjadi tamu di rumah sendiri,” ujar Ucu.

Dengan demikian, pihaknya menginginkan masyarakat khususnya kaum ibu mempunyai kebanggaan akan produk-produk lokal dan atas apa yang dilakukannya. “Sebab, apa yang mereka konsumsi hasil dari karya dan kekayaan alam sekitar, buka impor,” tandasnya.

Laporan: Indra/Asron

Related posts