Urusan Perumahan Butuh Peran Aktif Banyak Pihak

 1,866 total views

H. Aried MFA
H. Aried MFA

Kota, Wartatasik.com – Dari jumlah total sekitar 300 komplek perumahan yang ada di Kota Tasikmalaya, baru ada enam pengembang yang sudah menyerahkan fasilitas umum dan fasilitas sosial (Fasum fasos) kepada pihak pemerintah. Hal itu diungkapkan Kasi. Perumahan dan Pemukinan Dinas Ciptakarya, Tata Ruang dan Kebersihan Kota Tasikmalaya H. Aried MFA kepada Crew Media Online Wartatasik.com, Selasa (11/08) tadi siang.

Jumlah tersebut tergolong minim, kata Ia, karena disinyalir banyak perumahan yang dibangun tidak sesuai dengan yang diperjanjikan dan rekomendasi teknis sewaktu awal pengajuan sehingga banyak pengembang yang enggan menyerahkannya karena terbentur aturan.

“Mungkin itu salah satu alasannya. Tapi, dalam hal ini kami selalu mengupayakannya dengan banyak hal termasuk memberikan arahan-arahan kepada para pengembang serta bergerak melakukan singkronisasi terhadap semua garapan yang ada. Saat ini juga sedang melakukan proses terhadap enam perumahan yang akan diserahkan fasum fasosnya. Jika selesai nanti berarti jumlah yang sudah diserahkan di tahun ini bertambah menjadi 12 perum,” tuturnya.

Menurutnya, dilihat dari semua aspek dan perencanaannya, kondisi pembangunan komplek perumahan di Kota Tasikmalaya sekarang ini pada umumnya sudah berstandar minimum. “Mengenai penanganan permasalahan-permasalahan di lapangan selama ini sebetulnya tidak hanya merupakan tanggung jawab segelintir pihak terkait saja melainkan perlu adanya peran aktif dari semua pihak termasuk pemerintah setempat di masing-masing wilayah kelurahan maupun kecamatan,” ujarnya. Asron/Indra

Related posts

Leave a Comment