Volume Sampah Meningkat, LH Butuh Tambahan Armada

 2,525 total views

Tumpukan sampah / Seda

Kota, Wartatasik.com – Memasuki bulan suci Ramadhan segala kebutuhan masyarakat meningkat, tak terkecuali konsumsi sampah rumahaan. Saat ditemui dikantornya, Rabu (31/05), Kabid Pengelolaan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya Ai Usman mengatakan, bertambahnya konsumsi sampah seiring dengan meningkatnya kebutuhan makan dan minum masyarakat.

”Padahal, seharusnya di bulan puasa sampah berkurang. Tapi kenyataan dilapangan justru volumenya meningkat. Itu karena pada bulan puasa banyak masyarakat memproduksi makanan dan aktifitas ngabuburit yang sudah menjadi tradisi di bulan ini,” ungkapnya. Diterangkan Ai, di hari-hari biasa volume sampah yang terangkut sebanyak 160 ton, namun memasuki bulan puasa imeningkat sekitar 30 persennya atau menjadi 200 ton.

Meningkatnya volume sampah, lanjut Ia, menjadi pekerjaan yang harus diantisipasi. ”Guna mengantisipasi penumpukan di beberapa tempat pembuangan sampah, petugas kami berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan kinerja bahkan ada penambahan jam kerja yang tadinya hanya tiga kali ditambah jadi lima kali angkutan,” jelasnya.

Pihaknya mengharapkan kepada intansi terkait agar memperhatikan Armada angkutan sampah yang saat ini masih kurang. ”Saat ini kami hanya memiliki 20 unit Armada. Sedangkan, idealnya untuk Wilayah Kota Tasik membutuhkan minimal 40 unit Armada supaya proses pengangkutannya lebih maksimal,” tandasnya.

Laporan: Seda

Related posts