BPPRD Optimalkan Penerapan Pajak Online

 1,669 total views

Amran menunjukan aplikasi realisasi penerimaan pajak dengan sistem online / Asron

Kota, Wartatasik.com – Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kota Tasikmalaya terus meningkatkan pelayanannya. Selain melaksanakan sosialisasi dan menggali potensi pajak guna menambah pendapatan kas daerah juga mulai menerapkan pembayaran pajak dengan sistem online (Pajak Online). Penerapan pembayaran melalui aplikasi tersebut sebetulnya sudah berjalan sejak akhir tahun 2016 kemarin, untuk 10 ayat pajak termasuk Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Selanjutnya, di semester 2 tahun ini BPPRD berencana akan mengaktifkan pelayanan pajak online untuk pelaporan 8 ayat pajak seperti pajak hiburan, restoran, parkir, hotel dan yang lainnya. “Jadi nantinya masyarakat khususnya para wajib pajak bisa melaporkan kapan dan dimana saja melalui gadget atau perangkat yang ada. Semoga bisa lebih mempermudah pelayanan bagi masyarakat,” ungkap Kasi. PBB Amran Saefullah, Senin (24/07).

Selain itu, lanjut Ia, pihaknya juga akan mencanangkan untuk monitoring dengan sistem online. Sekarang, prosesnya tengah menunggu kesiapan semua perangkat atau peralatan yang dibutuhkan. “Kita masih merapihkan dan membersikan data-data yang lama karena mungkin ada WP yang sudah tutup sambil menunggu Purchasing alat mulai dari server dan perangkat komputernya juga tapping box untuk menyimpan data transaksi di WP,” terang Amran.

Pihaknya menghimbau kepada para WP untuk menggunakan pajak online secara optimal. Menyetor melalui Bank BJB yang berada dimana saja. “Terus, masyarakat juga bisa mengetahui jumlah realisasi penerimaan pajak dengan langsung mengklik alamat bphtbtasikdapda.id. Disamping itu, untuk monitoring sendiri kita akan memasang smart TV di Setda dan Kantor DPRD supaya masyarakat bisa melihat langsung secara transparan capaian realisasi pajak daerah. Selain mempermudah, adanya sistem ini diharapkan bisa meningkatkan pelayanan pajak lebih baik dan akuntabel,” tutur Ia. Indra/Asron

Related posts