Capaian Pajak Daerah Kota Tasik hingga Juli Ini 63,60 Persen

 1,505 total views

Ilustrasi / net

Kota, Wartatasik.com – Upaya Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kota Tasikmalaya sampai saat ini menunjukan hasil positif. Dari tahun ke tahun capaian targetnya selalu tercapai, bahkan melebihi atau over. Menurut data yang ada, tercatat dari sejak tahun 2013 lalu rata-rata realisasi pajak daerah Kota Tasik bertambah sebesar Rp 16 miliaran setiap tahunnya.

Sementara, target di tahun 2017 sendiri nilainya mencapai Rp 96 miliar meningkat sekitar Rp 20 miliar dari tahun 2016 yang besarnya Rp 76 miliar. Demikian dijelaskan Sekretaris BPPRD Ir. Hj. Dedeh Rosidah, MP., saat ditemui di kantornya, Rabu (19/07).

Ia menyebutkan, target pajak daerah di tahun ini sampai tanggal 14 Juli kemarin sudah mencapai Rp 51 miliar lebih atau jika dipersentase sebesar 63,60 persen. “Itu murni. Untuk Perubahan masih belum. Kalau dibanding tahun kemarin, capaian hingga pertengahan tahun jumlahnya hampir sama,” ungkap Ia.

Sekarang ini, lanjut Hj. Dedeh, pihaknya tengah melakukan pendataan ulang Wajib Pajak (WP) ke restoran-restoran yang ada di Kota Tasikmalaya guna menggali potensi sekaligus menyesuaikan nilai pajak yang harus distor para WP ke kas negara. “Fokusnya baru itu. Nanti kita lakukan juga ke pajak Hotel, Hiburan dan yang lainnya,” terangnya.

Selain itu, BPPRD terus mengupayakan secara optimal penarikan 10 ayat pajak daerah guna mencapai hasil yang maksimal. Beberapa upaya tersebut, tutur Ia, diantaranya dengan melaksanakan sosialisasi sekaligus memotivasi para WP melalui pengundian hadiah dan sebentar lagi akan memberlakukan pajak online.

“Kami imbau para WP bisa membayarnya (pajak) langsung ke bank tidak melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) supaya tidak uang yang mengendap dan berharap target di tahun ini dapat tercapai sesuai ketentuannya,” tandas Ia. Indra/Asron

Related posts