H. Agus Paparkan Hasil dan Rencana Pembangunan Kota Tasik

 1,386 total views

H. Agus Iwan / EQi

Kota, Wartatasik.com – Sebagai daerah termaju di Priangan Timur, Pemkot Tasikmalaya sekarang ini sedang menggenjot pembangunan insfrastruktur, salah satunya pembangunan jalan yang merupakan sarana penunjang untuk kegiatan perekonomian dan lainnya. Hal itu juga dalam rangka mewujudkan visi dan misi Kota Tasikmakaya. Demikian diungkapkan Kabid. Fisik Bappelitbangda H. Agus Iwan, di ruang kerjanya, Rabu (16/08).

Infrastruktur jalan yang dibangun, terang Ia, meliputi Jalan Lingkar Utara dari POS AU-Karang Resik-Jl. Wasita Kusumah yang masih dalam tahap pembangunan. Sementara, untuk pembangunan Jalan Lingkar Selatan saat ini baru sampai tahap Studi Kelayakan. Disamping jalan, lanjut H, Agus, Pemkot juga tengah membangun Infrastruktur persampahan yang sudah bertahun-tahun belum bisa terselesaikan.

“Pembangunan infrastruktur sampah ini terfokus pada TPA Ciangir yang memiliki luas 76.266 Ha yang terletak di Kecamatan Tamansari, dengan kapasitas sampah 589 kubik/hari atau 150 ton/hari dengan luas zona aktif sekitar 50 persennya. Adapun fasilitas yang sudah tersedia diantaranya Gedung Kantor, Bangunan Komposting, Lahan Sanitary Landfill, Jembatan Timbang Sampah, Bangunan Workshop, Kamar Mandi dan Tempat Cuci Kendaraan,” jelasnya.

Lalu, Pembangunan Infrastruktur Pengolahan Limbah Domestik yang berlokasi di Singkup Kecamatan Purbaratu dengan luas 1,3 Ha, dengan kapasitas 38 kubik/hari. Pada tahun 2017 IPLT Singkup mendapatkan bantuan teknis penyusunan kajian Layanan Lumpur Tinja Terjadwal dari Kementerian PUPR, sebagai salah satu upaya melindungi air tanah dan pencegahan pencemaran lingkungan.

[sc name=”iklanadsense2″]

Pembangunan Infrastruktur Bandara Wiriadinata, dengan akan melakukan kegiatan perpanjangan landasan pacu dan optimalisasi bandara dan pada tanggal 1 Juli 2017 Bandara dibuka resmi dan menjadi Penerbangan Komersial oleh Presiden Joko Widodo.

Pembangunan Infrastruktur Kesehatan melalui Pembangunan Puskesmas (PKM) induk, seperti PKM Cilembang, Parakanyasag, Indihiang, Sukalaksana, Tawang dan Panglayungan, Pembangunan Infrastruktur RSUD Dr. Soekardjo Tasikmalaya dengan membangun Gedung Ruang Inap Kelas lll bagi keluarga kurang mampu dan dapat menampung 200 tempat perawatan.

Pembangunan Infrastruktur Pendidikan dengan dengan Menegrikan Unsil, yang diresmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhouono pada tanggal 2 April 2014 dengan Peraturan Presiden Nomor 24 Tahun 2014 tentang Penegrian Universitas Siliwangi.

Perencanaan Pembangunan Asrama Haji yang berlokasi di Blok Gunung Kalong Kersanagara Kecamatan Cibeureum dan Kelurahan Sukahurip Kecamatan tamansari, dengan luas lahan 54.500 Ha yang disusun DED dan pada tahun 2018 nanti direncanakan pembangunan pagar batas gedung asrama haji.

Disamping itu pula pembangunan optimalisasi Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya, Penataan Komplek Dadaha dan Pembangunan Ruang Terbuka Hijau atau Taman Kota. “Itulah diantara skala prioritas, rencana pembangunan dan keberhasilan pembangunan infrastruktur Pemerintah Kota Tasikmalaya selama ini menuju Kota terdepan di Priangan Timur,” pungkasnya. EQi

Related posts