Revisi RTRW Diharapkan Bisa Akomodir Semua Sektor

 1,412 total views

H. Agus Iwan / Asron

Kota, Wartatasik.com – Berdasarkan peninjauan di tahun 2016 mengenai aspek kualitas dan implementasi daripada Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) di Kota Tasikmalaya, pemerintah menilai dan merasa perlu melakukan revisi aturan tersebut. Mengingat hasil rincian yang didapat menunjukan bahwa penerapan pemanfaatan ruang selama ini masih dikategorikan kurang. Namun, dalam segi kualitas tergolong baik.

Dari kekurangan tersebut dianggap perlu perumusan ulang dalam upaya perwujudan pola ruang. Begitu juga dengan hasil penilaian subtansi dan materi tahun 2011-2031 yang  memiliki bobot kurang dari 20 persen. Dengan demikian, untuk merevisi Perda No. 4 Tahun 2012 tentang RTRW, Kantor Bappelitbanda Kota Tasikmalaya menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan sejumlah pihak terkait di aula kantornya, Senin (24/07) dengan tujuan untuk mengetahui umpan balik dari para pemangku kepentingan guna menggali informasi terkini juga isu-isu serta potensi dan permasalahan penataan ruang Kota Tasik dalam rangka perbaikan konsep pengembangan  aturan itu.

“Kita minta kepada para peserta paparan di masing-masing sektor, mulai dari industri perdagangan, perhubungan, lingkungan hidup dan seterusnya termasuk dari Telkom sebagai provider mengenai perencanaannya untuk disingkronkan dengan pemanfaatan ruang,” papar Kabid. Fisik H. Agus Iwan. Pihaknya berharap, revisi Perda RTRW lebih sempurna dan bisa mengakomodir semua sektor untuk mempermudah sekaligus menjadi acuan bagi proses pembuatan perizinan yang dikaitkan dengan Perda Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dalam hal pemanfaatan ruang. Asron/Indra

Related posts