Tenaga Medis dan Perawat Dilatih Tangani Pasien Gawat Darurat

 373 total views,  2 views today

Para peserta tengah melaksanakan praktek penanganan pasien serangan jantung | dra

Kota, Wartatasik.com – Upaya meningkatkan kompetensi kegawatdaruratan digelar Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya bekerjasama dengan PT. Pro Emergency di Hotel City dari Tanggal 10-14 Juli 2017. Melalui kegiatan pelatihan emergency, para tenaga medis dan perawat yang bertugas di rumah sakit dan Puskesmas se-Kota Tasikmalaya dilatih agar siap dan mampu menangani pasien gawat darurat.

Selama acara berlangsung, dengan dibimbing beberapa instruktur para peserta diberi materi dasar pelatihan trauma dan cardiology yaitu seputar penanganan terhadap pasien yang mengalami trauma dan serangan jantung. Demikian dijelaskan Lead Instructure dr. Boy Pryambodo M.Si, saat dikonfirmasi di sela kegiatan, Jum’at (14/07).

“Jadi, kita harap dengan kegiatan ini para medis dan tenaga perawat yang ada di rumah sakit ataupun Puskesmas serta instalasi-instalasi kesehatan lain mampu menangani pasien darurat. Semuanya ada 26 orang. Kami juga berharap, acara ini bisa digelar rutin secara menyeluruh tak hanya di daerah tapi nasional,” ungkap Ia.

Diterangkannya, setiap peserta yang telah mengikuti kegiatannya itu diberi sertifikat resmi terakreditasi dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) yang dilegalisasi oleh Kementerian Kesehatan RI dengan masa berlaku selama 2 tahun. Dalam kegiatan, diacarakan pula simulasi penanganan korban kecelakaan lalu lintas di halaman parkir lantai dasar hotel tersebut. dra/ron

1. Foto dr. Boy Pryambodo | asron

2. Foto ilustrasi luka pada korban akibat laka lantas | asron

Related posts