dr. Sarwono / asron

Kota, Wartatasik.com – Upaya menunjang kesehatan masyarakat terus dilakukan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, salah satunya dengan mendorong pembuatan Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Usai menggelar Seminar KTR di Auditorium Kantor Taspen Tasikmalaya, Kamis (13/07), Kabid Kesmas dr. Sarwono mengatakan, banyak tempat-tempat yang harus diselamatkan dari asap rokok diantaranya intansi kesehatan, lembaga pendidikan, kawasan tertentu seperti taman kota dan masih banyak lagi untuk menghindari polusi kepada masyarakat yang tidak merokok.

Ia mengharapkan, upaya dinasnya itu didorong dan ditindaklanjuti oleh pihak-pihak terkait terutama DPRD guna melahirkan aturan yang akan diberlakukan secepat mungkin. “Setelah ada Perwalkot, mudah-mudahan Perda-nya juga bisa dibuat untuk memperkuat aturan yang akan diterapkan kepada masyarakat, termasuk didalamnya ada reward serta punishment. Kemarin kita sudah sosialisasi ke kalangan mahasiswa berikut urusan narkobanya. Sekarang kita lakukan ke banyak unsur, semoga para peserta yang hadir bisa mendorong terhadap proses pembuatan Perda tersebut,” ujar Ia.

Pihaknya berharap, bentuk upaya yang dilakukannya bisa lebih menyehatkan masyarakat. “Khususnya yang tidak merokok. Begitu juga bagi para perokok tidak sampai merugikan masyarakat yang tak merokok. Kami harap, Perda ini selesai segera mungkin agar secepatkan bisa diaplikasikan kepada masyarakat. Dan kami pun akan tetap melakukan sosialisasi tiap tahunnya dengan harapan dapat melahirkan hal positif terutama di bidang kesehatan bagi masyarakat Kota Tasik pada umumnya,” tandas Sarwono. dra/asron

BAGIKAN