Paguyuban Sunda Ngahiji Siap “Nanjeurkeun Kasundaan”

 5,243 total views

Logo Paguyuban Sunda Ngahiji | dok

Kota, Wartatasik.com – Bertekad mempersatukan seni, budaya atau bahkan komunitas Sunda, Paguyuban Sunda Ngahiji terus berupaya untuk mencapai tujuannya tersebut, selain rutin mengadakan silaturahmi ke semua paguyuban yang ada di seputar Parahyangan juga membuat badan hukum untuk legalitas paguyuban Sunda Ngahiji.

Hal tersebut diungkapkan ketua Sunda Ngahiji Kayat Bachtiar, kepada crew Media Online Wartatasik.com, di Sekertariatnya Jl. Ibu Apipah, Kota Tasikmalaya, Selasa (18/07). Ia mengatakan dengan membuat legalitas badan hukum Yayasan Sunda Ngahiji, segala upaya dan niat untuk mempersatukan segala tentang Sunda terlaksana.

“Kami siap ‘Nanjeurkeun Kasundaan’ atau mengangkat adat, budaya, seni yang berkaitan dengan Sunda bersama-sama. Entah itu perguruan persilatan (paguron silat), para seniman sunda, hingga perkumpulan-perkumpulan atau komunitas, keinginan kami terikat dalam Sunda Ngahiji ini” paparnya.

Pihaknya berharap, keberadaan Sunda Ngahiji tersebut benar-benar dapat mempersatukan kesundaan, tidak bercerai berai, “Ditunjang dengan legalitasnya, Insyaallah Sunda Ngahiji akan konsisten dalam komitmennya ngamumule atau memelihara seni budaya sunda. Dan kepada intansi terkait juga para pimpinan daerah yang ada di tatar sunda pada umumnya, Bupati dan Walikota Tasikmalaya khususnya, agar lebih peka lagi, peduli terhadap keberlangsungan warisan leluhur Kita, yang tanpa peran melalui kebijakannya, niscaya akan terkikis dan tergerus oleh budaya luar,” pungkasnya. Asron

Related posts