Website SKPD Kota Tasik Vakum Karena Dianggap Tak Penting

 2,263 total views

Tampilan website sejumlah SKPD Kota Tasikmalaya.
Tampilan website sejumlah SKPD Kota Tasikmalaya. Dok

Kota, Wartatasik.com – Pembuatan sejumlah website Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkot Tasikmalaya pada prinsipnya sebagai upaya pemenuhan hak informasi bagi masyarakat. Situs-situs tersebut diadakan untuk menyesuaikan kondisi aktivitas kantor pemerintahan dengan era teknologi sekarang ini.

Namun, keberadaan media penyampai informasi publik di masing-masing SKPD itu ternyata dianggap tidak penting oleh pegawai di salah satu dinas saat dikonfirmasi Crew Media Online Wartatasik.com belum lama ini terkait upaya pembenahan manajemen pengelolaannya yang sudah sekian lama tidak dijalankan atau mengalami kevakuman.

Entah merasa gaptek ataupun apa yang menjadikannya berpendapat demikian, yang pasti, menurutnya, fasilitas media online tersebut hanya sebatas dijadikan sarana pendukung yang tidak berpengaruh besar terhadap penguatan eksistensi tupoksi kantornya.

“Disamping itu, kebetulan disini tidak ada personil untuk dijadikan operator atau pengelolanya. Kalau website-website tersebut ingin dijalankan secara optimal harusnya pihak terkait menyediakan atau merekrut SDM khusus yang ditugaskan di masing-masing SKPD untuk mengelola media online itu,” ujarnya.

Berbeda halnya dengan yang diungkapkan Sekretaris Dinas Ciptakarya, Tata Ruang dan Kebersihan Yudi Kustiadi bahwa keberadaan website SKPD sangat menunjang terhadap penguatan identitas dinasnya sekaligus memenuhi hak informasi bagi masyarakat sesuai dengan yang diamanatkan perundang-undangan yang berlaku.

“Namun, sementara ini kami belum bisa melakukan pengelolaan konten berhubung terkendala teknis. Kendalanya, yaitu karena kami masih menempati Gedung KORPRI sehingga akses jaringan ataupun urusan teknis belum bisa berjalan secara optimal. Tapi, mulai bulan depan setelah kantor kami pindah lagi ke Bale Wiwitan tentu soal website akan dikelola dan dijalankan sesuai peruntukannya,” papar Ia, Sabtu (19/09).

Yudi menerangkan, dikantornya sudah tersedia sebanyak empat orang personil yang ditugaskan untuk mengelola website dinasnya. “Mereka itu nantinya akan mengelola website sesuai dengan tugasnya masing-masing mulai dari operator dan juga bagian-bagian lainnya,” tandasnya. Indra/Asron

 

Related posts

Leave a Comment