Yuk, Bikin Tamago Kake Gohan!

 10,056 total views

Net
Net

Kuliner, Wartatasik.com –  Sarapan praktis gaya Jepang ini bisa siap dalam beberapa menit. Asal punya nasi panas dan telur, sarapan enak bisa diracik. Tamago kake gohan atau tamago gohan atau TKG merupakan menu sarapan Jepang yang praktis. Makanan ini dikenal sejak abad 19 saat orang Jepang mengenal telur ayam. Selain itu telur merupakan makanan kaya protein dan punya nutrisi lengkap untuk sumber energi di pagi hari. Telur mentah cukup diaduk dengan nasi panas dan bisa ditambahkan aneka topping sesuai bahan yang ada di dapur.

Kalau mau bikin sendiri, coba ikuti tahapan singkat ini.

1. Telur

Telur mentah sering dianggap kurang aman karena bisa membawa bakteri salmonella. Terutama berasal dari cakang yang terkena kotoran ayam. Tetapi di Jepang telur selalu dicuci bersih dan disterilkan sebelum dijual sehingga cukup aman. Untuk membuat 1 porsi tamago gohan, siapkan 1 butir telur ayam negeri atau kampung, cuci bersih dan lap hingga kering.

2. Nasi                 

Gunakan nasi pulen yang hangat. Sebaiknya pakai nasi panas dari rice cooker. Cukup siapkan 1 mangkuk atau sekitar 150 gram nasi putih panas. Taruh dalam mangkuk.

3. Campurkan telur

Pecahkan telur, kocok hingga rata. Bisa ditambahan sedikit garam dan shoyu sekitar 1 sdm. Kocok rata. Lalu tuangkan ke dalam nasi panas. Ada juga cara kuno dengan memisahkan kuning dan putihnya. Aduk nasi dengan putih telur. Setelah rata, bisa ditambahkan kuning telur dan shoyu yang diaduk saat akan dimakan.

4. Sajikan hangat

Setelah tercampur rata, bisa langsung dinikmati. Agar tidak anyir, makan segera selagi hangat. Bisa juga ditaburi togarshi, nori cincang, biji wijen atau gari agar lebih enak. Prinsipnya bahan tambahan bisa diberikan sesuai selera. Itadakimasu!

Sumber: detik

Related posts