Tanaman Multi Manfaat, Warga Manggungjaya Rajapolah Sukses Bertani Porang

 19,130 total views,  2 views today

Tanaman Multi Manfaat, Warga Manggungjaya Rajapolah Sukses Bertani Porang | Wan K

Kabupaten, Wartatasik.com – Sudah Hampir satu tahun seorang warga Kampung Bojongsari RT 03/11, Desa Manggungjaya, Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya tekuni bertani tanaman porang sekaligus menyediakan bibitnya.

Sebut saja namanya Yana (38), menurut pengakuanya awal mula tekuni bertani porang saat berkenalan di sosmed dengan orang Jawa Timur menanyakan tanaman jenis tanaman tersebut.

“Dan saya mencoba mencari ke pegunungan untuk membuktikan tanaman porang. Akhirnya mendapatkannya, hingga sekarang saya tekuni  bertani porang,” jelas Yana Minggu (20/12/2020).

Tanaman Multi Manfaat, Warga Manggungjaya Rajapolah Sukses Bertani Porang | Wan K

Tidak hanya bercocok tanam lanjut Yana, sampai saat ini ia juga bisa menjual bibit porang dengan harga berpariatif. Yah Alhamdullilah untuk tambahan penghasilan,” syukurnya.

Ia pun mengakui tengah mencoba untuk menanam porang sampai 2000 pohon, “Baru berjalan dua bulan mudah-mudahan hasil nya memuaskan,” tuturnya

Yana menyebutkan sejumlah manfaat dari pohon porang adalah bahan makanan, kosmetik, lem kapal dan lain lain.

“Saya berharap lahan luas dan selama ini kami hanya mengandalkan modal tenaga untuk mencari bibit ke hutan. Semoga kedepannya lebih luas dan banyak lagi,” pungkasnya. Wan K. 

Related posts