68 Tahun Bergelut Didunia Tani, Hamid Sukses Tanam Sejumlah Jenis Sayuran

 13,641 total views,  341 views today

68 Tahun Bergelut Didunia Tani, Hamid Sukses Tanam Sejumlah Jenis Sayuran | Wan.K

Ciamis, Wartatasik.com – Menjadi petani sayuran adalah salah satu profesi yang menjanjikan bagi warga Kabupaten Ciamis. Seperti Hamid, warga Cihaurbeuti Dusun Desa Kaler RT 06 RW 02.

Dirinya sudah lebih dari 68 tahun menekuni dunia cocok tanam dengan ragam tanaman seperti paria (pare) dan terong ungu di lahan tanah 100 bata, sampai saat ini penjualan subur meski ditengah Covid 19.

Hamid mengatakan, untuk harga jual ke bandar, khususnya terong dari mulai Rp 3 ribu sampai Rp 4 ribu. Ia pun bersyukur, saat ini, harga melonjak dengan harga jual ke bandar sampai Rp 6 ribu perkilo.

“Sedangkan harga pare dari mulai Rp 3,5 ribu sampai sekarang harga mencapai Rp 5 ribu perkilo. Dari proses tanam hingga menjual selama dua bulan,” ungkap Hamid kepada Wartatasik.com, Rabu (06/01/2021).

Namun terangnya, kondisi bercocok tanam bulan ini lagi musim hama, diantaranya hama tikus, tapi Hamid tetap bersyukur untuk tanaman terong dan pare sangat subur.

Hamid mengaku, cocok tanam saat ini terkendala pupuk organik, pupuk 36, pupuk poska dan MPK Mutiara. Sebagai petani, ia lantas berharap kepada pemerintah untuk kelancarkan pengadaan pupuk.

“Saya harap mengenai semua perpupukan dimudahkan, karena sangat susah sekali didapatkan,” pungkas Hamid. Wan.K

Related posts