Mahasiswa KKN-T 40 UTM Tingkatkan Pengetahuan tentang Rambu-rambu Lalu Lintas di UPT SD Negeri 149 Gresik

Foto Bersama Setelah Kegiatan Belajar | dokpri

Gresik, Wartatasik.comAdanya perkembangan zaman yang semakin modern, kini banyak anak-anak bibawah umur yang telah menggunakan sepeda motor untuk alasan-alasan tertentu yang menuntut mereka untuk bisa mengenderai sepeda motor di usia yang kurang mencukupi.

Upaya kecil yang dapat membantu mereka adalah dengan mengenalkan mereka tentang rambu-rambu lalu lintas yang ada agar mereka menjadi pengendara sepeda motor yang taat aturan dan dapat berkendara dengan baik.

Sebagai bentuk pengabdian masyarakat, mahasiswa KKN-Tematik Kelompok 40 Universitas Trunojoyo Madura mengadakan program kerja pada bidang pendidikan untuk memberikan pengetahuan dasar dan melatih kemampuan para siswa untuk menjawab soal tentang rambu-rambu lalu yang telah mereka pelajari.

Adapun tema dari program kerja tersebut ialah “Belajar Seru Rambu-rambu Lalu Lintas”.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu (21/05/2022) dan hari Senin (23/05/2022) yang diikuti oleh peserta didik kelas 3A dan 3B UPT SD Negeri 149 Gresik.

Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan cara belajar dan bermain. Kegiatan di awali dengan perkenalan dan pembagian kelompok. Kelompok terbagi menjadi 3 dan untuk setiap kelompok memilih 1 perwakilan untuk maju sebagai pengambil kartu.

Setelah pembagian kelompok telah dilakukan, selanjutnya adalah memberitahukan teknis permainan kepada siswa. Permainan dilakukan dengan cara mengambil kartu yang dilakukan oleh perwakilan  kelompok, tetapi kartu soal akan di bacakan pada kelompok lawan.

Sebagai contoh perwakilan kelompok 1 akan mengambil kartu soal untuk kelompok 2 dan perwakilan kelompok 2 akan mengambil kartu soal untuk kelompok 3 hingga perwakilan kelompok 3 akan mengambil kartu untuk kelompok pertama.

Kartu soal berjumlah 10 kartu, masing-masing kelompok mendapat 3 soal dan 1 soal lagi dijawab dengan berebut.

Pemenang dari permainan ini diambil dari banyaknya skor atau point yang di dapatkan kelompok. Media yang digunakan untuk permainan ini adalah dengan menggunakan Traffic Box yang dibuat dari kertas karton.

Traffic Box berisi miniatur jalan yang di mana di dalamnya terdapat gambaran jalan dengan beberapa rambu-rambu lalu lintas yang ada. Peserta didik yang mendapat soal di Traffic Box akan mencoba untuk berkendara dengan menggunakan miniature mobil-mobilan dan menyebutkan fungsi dari setiap rambu-rambu lalu lintas yang di lewati.

Adapun tujuan dari penggunaan media Traffic Box ini diharapkan dapat mempermudah siswa dalam memahami pelajaran rambu-rambu lalu lintas jika di berikan kesempatan untuk memparktikkannya secara langsung karena kebanyakan anak akan lebih memahami sesuatu jika di praktikkan secara langsung.

Kegiatan Belajar Menggunakan Media Pembelajaran Traffic Box | dokpri

Kegiatan tersebut mendapat sambutan dan respon baik dari kepala sekolah serta para guru di UPT SD Negeri 149 Gresik, begitu juga dengan peserta didik kelas 3A dan 3B yang menyambut dan merespon kegiatan ini dengan positif dan mengikutinya dengan penuh antusias.

DPL : Hisnuddin Lubis, S.Sos., M.A.

Penulis : Septalia Mustika Putri

Tim KKN : Alif Evandra Dzakwan, Aloy Elyesuanto Samosir, Andre Dwianto, Ayu Sekar Rini, Dhavi Rachman Azkiya’i, Dimas Setyo Ardiansyah, Fadhilah Fatih Salsamia, Fera Masithoh Nur Azizah, Fiandiras Sutra Bukhari, Lutfyana Nuzulul Qur’ainy, Mita Wahyu Yuniar Fatikasari, Moh Khoirul Khuluq, Riska Dwi Cahyani, Salza Billa Hardianti, Septalia Mustika Putri, Tenisya Herianto Putri.

 

 

Berita Terkait