Sukseskan Germas, Pemerintah Kota Tasikmalaya Berkolaborasi dengan BPJS Kesehatan

 2,934 total views

Dalam rangka mendukung kegiatan Germas, BPJS Kesehatan Cabang Tasikmalaya bersama dengan Pemerintahan Kota Tasikmalaya mengadakan Koordinasi dan Sosialisasi Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat bersama seluruh OPD | Jamkesnews

Tasikmalaya, Wartatasik.com  – Dalam rangka mendukung kegiatan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) di Kota Tasikmalaya, BPJS Kesehatan Cabang Tasikmalaya bersama dengan Pemerintahan Kota Tasikmalaya mengadakan Koordinasi dan Sosialisasi Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berada dibawah Pemerintahan Kota Tasikmalaya, Senin (04/07/2022). Kegiatan ini dilaksanakan guna memberikan pemahaman dan informasi dalam mendapatkan pelayanan administrasi serta melakukan pengisian skrining riwayat kesehatan yang merupakan program promotif dan preventif bagi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Kami ingin menyampaikan hak peserta yaitu mendapatkan pelayanan promotif dan preventif salah satunya melalui skrining riwayat kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi secara dini adanya risiko penyakit kronis terhadap masyarakat. Jadi ini dilakukan untuk memberikan perlindungan dan pencegahan kepada masyarakat. Selain itu, aplikasi Mobile JKN adalah sebagai bentuk upaya untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memenuhi sebagian kebutuhan administrasi JKN, salah satunya antrean online,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tasikmalaya, Agus Ramlan Hidayat.

Ia menambahkan, apabila semua komponen bangsa berperan serta dalam upaya kesehatan dengan lebih memprioritaskan promotif preventif dan semakin menggalakkan Germas, maka bukan hal yang mustahil jika bangsa Indonesia dapat bergerak cepat menjadi bangsa yang maju. Derajat kesehatan bangsa dapat ditingkatkan, produktivitas kerja pun ikut meningkat.

Sementara itu, Wali Kota Tasikmalaya, Muhammad Yusuf, menyampaikan titik fokus dalam kegiatan ini adalah agar seluruh perangkat daerah dapat berperan untuk terus mendukung dan mengoptimalkan Germas di Kota Tasikmalaya. Tak lupa ia juga mensosialisasikan upaya peningkatan kesehatan dan menjaga pola hidup sehat kepada masyarakat Kota Tasikmalaya dalam pemberantasan penyakit menular dan mendeteksi secara dini penyakit kronis.

“Germas ini sangat penting untuk dibahas dan disampaikan, karena dalam hal kesehatan tidak bisa hanya diurus oleh satu bidang kesehatan, semua harus berperan demi mewujudkan Indonesia yang semakin sehat. Pemerintah Kota Tasikmalaya akan terus mendukung kegiatan Germas dengan bersinergi dengan instansi terkait dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat. Dari hasil kegiatan ini, saya harap seluruh perangkat daerah untuk langsung mensosialisasikannya terkait skrining riwayat kesehatan dan antrian online, agar langsung terasa manfaatnya oleh masyarakat,” ucapnya. Jamkesnews | Redaksi

Related posts