Alami Keguguran dan Dirawat di RSUD Dokar, Hepi: JKN Selalu Hadir Saat Dibutuhkan

 1,344 total views

Hepi Purwa Widayanti | jamkesnews

Tasikmalaya, Wartatasik.com – Sebagai peserta yang sudah merasakan kemudahan mengakses pelayanan kesehatan menggunakan kartu JKN, Hepi Purwa Widayanti (38) menceritakan pengalamannya ketika ia mengalami keguguran. Ibu tiga anak ini menceritakan pengalamannya bahwa ketika ia datang ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dokter Soekardjo, ia dilayani dengan baik oleh dokter dan perawatnya.

“Dua tahun lalu saya mengalami keguguran anak ketiga saya. Ketika itu saya dan suami saya langsung mendatangi RSUD Dokter Soekardjo untuk segera menjalani operasi pengambilan janin karena saya khawatir takut terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Setibanya di sana saya langsung dibawa ke ruang operasi dan ditangani dengan baik oleh para dokter dan perawatnya dengan menggunakan alat-alat yang canggih sehingga membuat saya tidak merasa sakit sedikit pun,” kisahnya pada Jumat (26/08/2022).

Dengan menggunakan kartu JKN, biaya yang Hepi keluarkan hanya setengah dari biaya yang seharusnya karena memang pada saat itu ia meminta naik kelas rawat demi kenyamanannya selama dirawat inap. Ibu yang terdaftar sebagai peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) ini juga menambahkan pengalamannya saat menggunakan kartu JKN untuk menjalani tindakan operasi kecil anak keduanya.

“Pada bulan April 2022 anak kedua saya mengeluhkan sakit pada lututnya. Saat itu saya membawanya ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) keluarga saya terdaftar. Pihak klinik memberi surat rujukan agar anak saya diperiksa di rumah sakit. Hasilnya, ia harus menjalani tindakan operasi kecil di RS Jasa Kartini,” katanya.

Pada saat itu anak Hepi tidak langsung menjalani operasi tapi disarankan untuk mengonsumsi obat terlebih dahulu. Beberapa hari kemudian ia dikabari bahwa anaknya sudah bisa menjalani operasi tersebut. Ia dan anaknya pun langsung berangkat ke rumah sakit.

“Tindakan operasinya berjalan dengan baik, saya merasa lega dan saya merasa bersyukur karena anak saya sekarang sudah bisa beraktivitas kembali seperti biasanya. Saya harap Program JKN bisa terus bejalan bahkan hingga saya tua nanti, karena program ini selalu ada menemani saya dan keluarga ketika kami membutuhkan jaminan kesehatan,” ucap Hepi. Jamkesnews | Redaksi

Related posts