Aparatur Desa dan Kader KPM se-Panumbangan Ikuti Pelatihan eHDW dan eDMC

 4,209 total views,  2 views today

Pelatihan eHDW dan eDMC | Wan.K

Ciamis, Wartatasik.com – Para kepala desa se-Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis bersama kader KPM dan Kasi Pemerintahan ikuti pelatihan a Aplikasi Elektronik Human Development Worker (eHDW) dan Aplikasi Desa Melawan Covid 19 (eDMC) di Gor Desa Sindangmukti Kecamatan Panumbangan.

Dalam pemaparannya nasarumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kab Ciamis Budi Setiawan Sp menerangkan, pelatihan ini merupakan program se Indonesia sehingga dari Kememdes harus tersampaikan pelatihan eHDW dan eDMC.

Adapun kata Budi, sekarang ini adalah penuntasan isu stunting yang sudah menjadi masalah dunia yang harus dituntaskan. Pasalnya, jika stunting dibiarkan akan menjadi dampak ke generasi selanjutnya.

“Dampak stunting itu bukan hanya ukuran badan pendek, tapi bisa berefek juga kepada tingkat kecerdasan,” paparnya, Selasa (01/09/2020).

Terkait aplikasi eDMC, Budi menjelaskan tujuanya adalah untuk mencegah penyebaran virus Corona di tiap desa, sebab obat untuk wabah ini belum tersedia vaksinnya. “Kalau sudah ada vaksin, Insya Alloh mungkin aplikasinya sudah tidak akan digunakan,” ucapnya.

Budi berharap dalam pelatihan ini aparatur desa bisa paham tentang Tia aplikasi yang harus sudah terisi, karena datanya ini akan di gunakan sebagai bahan kebijakan di desa, kabupaten, propinsi dan pusat.

Jadi lanjut Budi, data ini jangan sembarangan untuk mengisinya, karena akan berpengaruh kepada kebijakan. Kami imbau aparatur desa dan kader KPM dapat mempraktekan aplikasi ini.

“Termasuk berjuang bersama kami semua, agar penanganan stunting dan penanganan Covid 19 ini dapat terselesaikan,” pungkasnya. Wan.K

Related posts