Berdayakan Masyarakat, Kel Tawangsari Gelar Peningkatan Kapasitas Lembaga

 25,733 total views,  4 views today

peningkatan kepasitas lembaga kemasyarakatan tingkat kelurahan Tawangsari | Suslia

Kota, Wartatasik.com – Kelurahan Tawangsari gelar acara peningkatan kepasitas lembaga kemasyarakatan tingkat kelurahan, dalam rangka pemberdayaan masyarakat yang berlangsung di hotel Crown, Selasa (20/07/2020).

Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna Mustari SH menyampaikan, tupoksi sesuai SK yang diberikan kapada peserta antaralain adalah sekretaris dan bendahara, RT/RW.

“Pengangkatan kemarin membuka UU, Perda kota, tercantum bahwa KSB harus sudah dilaksanakan, tapi baru sekarang sebagai pilot projek untuk kelurahan yang lain,” ungkap Mustari.

Ia menyebut, ketua RT/RW tidak bisa bekerja sendiri, sebab harus dibantu sekretaris dan posisi RT/RW adalah pembantu pemerintah yang paling rendah tapi jarang diperhatikan.

Sebagai majelis pertimbangan karang taruna, Mustari telah menyampaikan dan mengupas serta melaporkan kepada anggota DPRD, agar memperhatikan masalah gaji.

“Sedangkan sekretaris dan bendahara, kami akan sinergikan sekretaris RW dan RT dengan karang taruna untuk mewujudkan NKRI,” ucapnya.

Di tempat Camat Tawang Yuda Permana mengatakan, kegiatan ini sangat baik sekali dengan meningkatkan kapasitas pengurus sekretaris RT/RW dan bendahara.

Menurutnya, dengan kelembagaan RT/RW yang kuat dan punya kapasitas baik dalam pengelolaan atau pelaksanaan administrasi supaya dapat menunjang berbagai kegiatan yang ada di tingkat kelurahan.

“Begitupun kegiatan pemerintahan pembangunan ataupun kegiatan kemasyarakatan, tentunya sebagai mitra kelurhan RT RW serta jajarannya bisa menjembatani pemerintah dan masyarakat dalam menyukseskan program pemerintah,” paparnya.

Lanjut Yuda, dengan era digital ini, tuntutan dan keharusan yang harus dilaksanakan, salah satunya dengan satu data bisa mengakses semua sampai ke tingkat RT RW. Sebab dengan kemajuan teknologi bisa di akses secara cepat dan bisa lebih memudahan yang bisa bermanfaat di masyarakat.

“Ya, akan tetapi SDM dan perangkatnya harus diberi pemahaman dan materi materi dalam rangka peningkatan pengurus ke RT an dan RW an,” pungkasnya. Suslia.

Related posts