BPS Sebut Pertumbuhan Ekonomi Melonjak, Ini Jajaran Perusahaan Peraih Top CSR of The Year 2021

 208,200 total views

BPS Sebut Pertumbuhan Ekonomi Melonjak, Ini Jajaran Perusahaan Peraih Top CSR of The Year 2021 | Ist

Jakarta, Wartatasik.com – Memasuki tahun kedua Pandemi Covid-19 pertumbuhan ekonomi nasional mengalami perbaikan. Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut, pertumbuhan ekonomi pada Kuartal II/2021 melonjak hingga 7,07% secara year-on-year.

Konsumsi rumah tangga dan investasi disebut memiliki andil besar dalam pertumbuhan ekonomi, yang berkontribusi 84,93%. Cepatnya pertumbuhan konsumsi rumah tangga di kalangan masyarakat juga tidak lepas dari upaya berbagai pihak untuk saling mendukung dalam menghadapi pandemi covid-19.

Seperti bantuan langsung tunai dan bantuan sosial dari pemerintah kepada masyarakat tidak mampu. Selain itu juga diikuti oleh masifnya perusahaan untuk memaksimalkan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dimiliki untuk memberikan bantuan seluas-luasnya kepada masyarakat yang membutuhkan.

Bantuan tersebut memberikan dukungan kepada masyarakat terdampak untuk tetap bertahan di tengah masa sulit. Bantuan dari pihak swasta dalam mempercepat dan menyebar luaskan program vaksinasi juga berdampak pada meningkatnya kepercayaan masyarakat untuk kembali beraktivitas.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap aktivitas CSR perusahaan di Indonesia, INFOBRAND.ID sebagai Indonesia number one brand media, bersama TRAS N CO Indonesia sebagai perusahaan yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand dan bisnis di Indonesia.

Brand ini menyelenggarakan Top Corporate Social Responsibility Of The Year 2021 & Top Corporate Social Responsibility Of The Year 2021, Special Achievement For Covid-19 Handling Activities, Vaccination Program.

Top Corporate Social Responsibility Of The Year 2021, merupakan merupakan sebuah apresiasi dan pengakuan bergengsi yang diberikan oleh TRA N CO Indonesia bekerjasama dengan Media INFOBRAND.ID.

Ajang ini atas dedikasi perusahaan-perusahaan di Indonesia dalam menyelenggarakan aksi Corporate Sosial Responbility (CSR) sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap sosial maupun lingkungan berdasarkan aspek penilaian CSR Concept, CSR Impact & CSR Donation Value.

Sementara, Top Corporate Social Responsibility Of The Year 2021, Special Achievement For Covid-19 Handling Activities, Vaccination Program, diberikan kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia yang terlibat secara aktif dalam menanggulangi Pandemi Covid-19 khususnya kegiatan vaksinasi.

Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia menjelaskan, penghargaan Top Corporate Social Responsibility Of The Year 2021 diberikan berdasarkan hasil riset Top CSR Index yang diselenggarakan pada bulan April – Juli 2021, terhadap lebih dari 300 perusahaan ter-riset di Indonesia.

Tri melanjutkan, riset dilakukan dengan menggunakan metode Desk Research yang mengacu pada data rilis publikasi perusahaan, menggunakan tiga parameter penilaian, yaitu CSR Concept, CSR Impact, dan CSR Donation Value.

“Selanjutnya Top Corporate Social Responsibility Of The Year 2021, Special Achievement For Covid-19 Handling Activities, Vaccination,” ujar Tri.

Program ini kata ia, diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang telah berhasil memenuhi tiga kriteria penilaian, yaitu telah mempublikasikan kegiatan CSR-nya, telah melaksanakan vaksinasi covid-19 dengan akumulasi vaksin 1.000 peserta atau lebih dan masuk kedalam Top 50 perusahaan berdasarkan penilaian.

Adapun tambah Tri, bentuk kegiatan CSR yang dilakukan dari 100 pemenang Top CSR of The Year meliputi alat pelindung diri (13,50%), bantuan bangunan dan sarana ibadah (11,66%), pemulihan lingkungan dan bencana alam (9,82%), paket sembako (9,82%), bantuan mobil ambulance (7,36%), pembagunan infrastruktur / fasilitas umum (6,75%), kendaraan operasional (6,13%), bantuan sarana pendidikan (4,29%) dan masih banyak lagi.

Tri menerangkan, dari riset yang dilakukan, untuk TOP 100 Corporate Social Responsibility OF THE YEAR 2021, terdapat 24 Perusahaan Terbuka (Termasuk 7 Perusahaan BUMN Terbuka & 2 Perusahaan BUMD Terbuka), 26 Badan Usaha Milik Negara (BUMN), 44 Perusahaan Swasta (Non Emiten), dan 15 Badan Usaha Milik Daerah.

“Dan untuk TOP 50 Corporate Social Responsibility OF THE YEAR 2021, Special Achievement Covid-19 Handling Activities, berupa kegiatan vaksinasi, sebagai pemenang, setidaknya ada 19 Perusahaan Terbuka (Termasuk 3 Perusahaan BUMN Terbuka ), 7 Badan Usaha Milik Negara (BUMN), 23 Perusahaan Swasta, dan 4 Badan Usaha Milik Daerah,” terang Tri.

Untuk diketahui, perusahaan peraih Top Corporate Social Responsibility Of The Year 2021 antara lain PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT SiCepat Ekspress, PT Adaro Energy Tbk, PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel), PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), PT Sharp Electronics Indonesia.

Lalu, PT Hutama Karya (Persero), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Bussan Auto Finance (BAF), PT Bank DBS Indonesia, PT Bank Pembangunan Daerah Bali (Bank BPD Bali), PT PLN (Persero).

“Dan peraih Top Corporate Social Responsibility Of The Year 2021, Special Achievement For Covid-19 Handling Activities; Vaccination Program adalah PT Marketama Indah (ENESIS Group), PT MRT Jakarta, dan PT Timah Tbk. Selain perusahaan tersebut, masih ada 134 perusahaan lainnya yang berhak memperoleh penghargaan tersebut,” tandas Tri. Asron.

Related posts