Gencarkan Digitalisasi, Mahasiswa KKN Gelar Pembinaan Digital Marketing untuk UMKM di Kelurahan Medokan Semampir

 144,460 total views

Pembinaan digital marketing bersama UMKM di Kelurahan Medokan Semampir | dokpri

Surabaya, Wartatasik.comSebagai salah satu upaya untuk meningkatkan penjualan serta digitalisasi UMKM di Kelurahan Medokan Semampir, kelompok 62 KKNT MBKM UPN Veteran Jawa Timur melakukan pembinaan digital marketing pada Selasa (07/06/2022). Penyuluhan ini dilaksanakan di area kantor Kelurahan Medokan Semampir yang dihadiri oleh pelaku UMKM dari berbagai bidang.

Pembinaan digital marketing ini menghadirkan narasumber seorang konsultan produk serta telah berpengalaman dalam dunia bisnis khususnya digital marketing yaitu Wilma Cordelia Izaak, S.E.,M.M.  Beliau juga merupakan dosen UPN Veteran Jawa Timur.

Pembinaan ini digelar untuk memberikan insight kepada pelaku UMKM bahwa potensi digital marketing masih sangat luas serta dapat diterapkan dalam level UMKM sekalipun. Wilma Cordelia Izaak menekankan pentingnya memiliki Instagram Business serta masuknya UMKM kedalam marketplace di era saat ini. Hal ini dikarenakan kedua platform tersebut dapat mendorong penjualan serta memperkenalkan UMKM ke pasar yang lebih luas.

“Di era digital seperti saat ini penting sekali bagi setiap UMKM untuk mulai masuk ke pasar yang lebih luas dengan digital marketing yang semakin mudah diakses semua kalangan. Salah satu hal pertama yang perlu diperhatikan adalah setiap UMKM lebih baik jika memiliki keunikan dibandingkan para kompetitor karena dengan keunikan yang ada pada bisnis dapat memudahkan konsumen mengingat bisnis kita,” ujar Wilma Cordelia Izaak saat pembinaan.

 Dalam pembinaan ini Wilma Cordelia Izaak memberikan bekal awal terhadap UMKM untuk terjun ke digital marketing dengan pengenalan dan pembuatan instagram business, perencanaan konten yang baik, serta menjawab berbagai keluhan UMKM yang menghalangi mereka untuk masuk ke pasar online.

Salah satu keluhan yang dirasakan mayoritas UMKM adalah takutnya ada biaya tambahan yang besar setelah mereka terjun ke digital marketing.

Namun menurut Wilma Cordelia Izaak hal tersebut kurang tepat karena digital marketing dapat dilakukan serta dimulai dengan biaya yang sangat kecil. Selanjutnya UMKM dapat mengelola profit hasil digital marketing untuk mengembangkan  bisnis.

Suasana pembinaan digital marketing bersama UMKM di Kelurahan Medokan Semampir | dokpri

Secara keseluruhan Kelurahan Medokan Semampir memiliki UMKM dengan potensi yang sangat baik. Beberapa diantaranya memiliki poin keunikan yang jarang ditemukan.

Selain itu pelaku UMKM Kelurahan Medokan Semampir juga telah banyak mendapatkan pelatihan terutama tentang branding hingga tingkat kecamatan sehingga dapat menjadi bekal yang baik bagi pelaku UMKM untuk memberikan insight serta menjalan bisnisnya (Nova Aditya Pradana/ Roziana Febrianita).

DPL : Rosiana Febrianita

Penulis : Nova Aditya Pradana

Tim KKN : Alqi Zulfikar Rahmadhani, Cindy Sekar Nirwana, Dewa Prayoga, Fa’ulul Denisya, Fadia Dwi Nurdianty, Fairuz Salsabilla Khusnannisa, Gilang Ilham Pratama, Nofah Yunita Amelia, Thalitha Nesya Devina

Related posts