Gunakan DD Tahap I, Kades Sukaresik akan Beli Pompa Air

36,981 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Kades Sukaresik Kab Tasikmalaya | Wan.K

Kabupaten, Wartatasik.com – Antisipasi musim kemarau, wilaya pesawahan seluas 50 hektar yang terletak di tiga dusun yakni Sukamanah, Sukamukti dan Sukaharja Desa/Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya diagendakan akan ada pengadaan mesin pompa air.

Kepala Desa (Kades) Sukaresik Sriyosep mengungkapkan, kondisi tiga dusun tersebut setelah diamati ketika musim hujan kebanjiran, tapi dimusim kemarau selalu kekeringan.

Pihaknya pun terang Sriyosep akan mencoba mencari solusi melalui pompanisasi memakai mesin sibel dengan dipasang listrik untuk penyedot air lalu alirkan ke saluran air dengan memakai atau menggunakan mesin 2PK yang akan dipasang dua mesin pompa air.

“Kita akan lihat untuk mesin penyedot air, akan mampu mengairi luas persawahan berapa hektar? Kami akan mencoba dulu, mudah mudahan rencana kami ini sesuai dengan harapan” ucapnya, Sabtu (14/03/2020).

Lanjut Sriyosep, untuk agenda ini pihaknya sudah masuk perencanaan di tahap satu yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2020 dengan besar pagu anggaran Rp 150 juta.

Sriyosep menginginkan produktivitas sawah lebih meningkat, yang tadinya bisa panen dalam satu tahun sekali diharapkan jika sudah memakai mesin penyedot air, minimal dalam satu tahun bisa dua kali panen.

“Kami berharap untuk tahun ini, kelompok tani di tiga dusun akan ditetapkan sehingga legalitasnya lebih jelas, karena selama ini kelompok tani tersebut belum jelas. Kami akan benahi untuk tiga dusun tersebut membikin kelompok satu hamparan,” tegasnya.

Ketika ada kendala, misalkan ada hama atau terkait pengairan bisa bersama sama untuk membenahinya, biar mempunyai rasa tanggungjawab dalam kelompok satu hamparan.

“Intinya, agar satu hamparan tersebut biar rasa memiliki tanggung jawab ketika ada permasalahan bisa sama sama memecahkanya,” pungkasnya. Wan.K

Related posts