Implementasikan SE Wali Kota, Kapus Bantarsari: Cegah Penularannya dan tidak Panik

 37,170 total views,  6 views today

Puskesmas Bantarsari melakukan himbauan keliling dengan Satpol PP Kota Tasikmalaya di kelurahan Bantarsari, Sukamulya dan Sukajaya |Redi

Kota, Wartatasik.com – Berdasarkan surat edaran Wali Kota Tasikmalaya tentang peningkatan kewaspadaan terhadap resiko penularan infeksi Corona Virus Disease (Covid 19).

Dalam upaya pencegahan virus corona tersebut, UPTD Puskesmas Bantarsari Kec Bungursari himbau kepada seluruh warga untuk tetap waspada dan tidak panik.

Kepala Puskesmas (Kapus) Bantarsari Tedy Setyadi S.KM, M.Si mengatakan, hari ini pihaknya melakukan pemberitahuan atau himbauan keliling bekerja sama dengan Satpol PP Kota Tasikmalaya mencakup tiga kelurahan diantaranya Bantarsari, Sukamulya dan Sukajaya.

“Kami meminta kepada semua masyarakat jangan panik seraya mengingatkan untuk pencegahan infeksi virus Corona dengan melakukan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan cara cuci tangan pakai sabun di air mengalir,” ungkapnya, Senin (23/03/2020).

Tedy juga mengimbau semua masyarakat untuk menjauhi kerumunan orang banyak dan menghindar dari keramaian serta harus berdiam diri di rumah kalau tidak ada yang penting (social distancing).

“Ini yang penting, kita harus berdoa untuk warga semuanya, salam sehat,” tandasnya.

Selain itu, pencegahan lainnya yaitu menutup dengan tisu ketika batuk bersih, perbanyak makan buah dan sayur untuk menjaga kekebalan tubuh, makan gizi seiring, tidak kontak fisik ketika bersalaman, masak daging/telur dengan matang, olahraga, tidur cukup, tidak merokok dan gunakan masker dengan benar.

Diketahui bersama, Corona adalah virus yang dapat menginfeksi saluran pernapasan dan sudah menular di Indonesia. Corona virus mempunyai gejala umum seperti demam, batuk, pilek, sesak pernapasan, sakit tenggorokan, rasa letih dan lesu.

Adapun jika ada warga yang memiliki gejala tersebut dan mempunyai riwayat keluar kota seperti Jakarta, Bogor Tanggerang, Bekasi, Depok atau sempat ke luar negeri serta pernah kontak langsung dengan penderita Corona, diminta segera periksa ke fasilitas kesehatan atau Puskesmas Bantarsari. Redi

Related posts