Kunker ke BNPB Pusat, Walkot Tasik Singgung RS dr Soekardjo belum miliki PCR

 45,580 total views,  157 views today

Dalam kunker ini, Wali Kota Tasikmalaya singgung RS Dr Soekardjo belum miliki PCR | Kominfo

Jakarta, Wartatasik.com – Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat.

Kedatangannya itu diterima langsung oleh Kepala BNPB sekaligus Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo bertempat di Graha BNPB – Jl. Pramuka Kav. 38 Jakarta Timur, Selasa (18/08/2020).

Pada kesempatan itu, Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman didampingi Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala BPBD Kota Tasikmalaya menyampaikan upaya komprehensif penanganan Covid-19 yang telah dilaksanakan.

Selain itu, Wali Kota juga memaparkan perkembangan Covid-19 di Kota Tasikmalaya, dimana saat ini masih terdapat lima pasien Covid-19 dalam perawatan medis di RSUD Kota Tasikmalaya.

Dijelaskan Budi, kendala yang dihadapi Kota Tasikmalaya bahwa Keberadaan RSUD Dr. Soekardjo yang merupakan Rumah Sakit Tipe B sampai saat ini belum memiliki mesin polymerase chain reaction (PCR).

“Sehingga terjadi keterlambatan dalam hasil testing terhadap pasien yang diduga tertular Covid-19, hal ini menjadi penghambat dalam tracking sebaran (cara untuk mendeteksi orang-orang yang berpotensi tinggi tertular virus dari pasien positif Covid-19) serta Treatment (penanganan/pengobatan) terhadap pasien,” papar Budi.

Sementara itu, Letjen TNI Doni Monardo menjelaskan, bahwa saat ini Kota Tasikmalaya masih berada di zona kuning dan penyebarannya Covid-19 masih di level rendah. Ia pun berharap Kota Tasikmalaya bisa menjaga kondisi ini.

“Bahkan bisa menjadi zona hijau dan pihak Satgas Penanganan Covid-19 Pusat akan memprioritaskan bantuan Mesin PCR bagi RSUD Dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya,” ungkapnya.

Menindaklanjuti hasil kunker tersebut, Wali Kota Tasikmalaya menegaskan komitmen dengan terus berusaha dalam percepatan penanganan Covid-19 serta pemulihan kondisi perekonomian masyarakat.

“Seraya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar menumbuhkan kesadaran pribadi dalam mengikuti protokol kesehatan di kondisi new normal saat ini, demi untuk kesehatan bersama seluruh masyarakat Kota Tasikmalaya,” pungkas Budi. Redi.

Related posts