Lantik 207 Anggota PPS, Ketua KPU Tekankan Pemilu 2024 Kompleksitas dan Tugas Berat di Banding 2019

 12,550 total views

Pelanikan anggota PPS KPU Kota Tasikmalaya | Suslia

Kota, Wartatasik.com – Dengan dilantiknya anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari jumlah 69 kelurahan yaitu sejumlah 207 orang.

Setelah terbentuknya PPS ini berarti telah lengkap struktur untuk penyelanggaraan ditingkat kelurahan dan siap menjalankan tugasnya.

Hal itu dikatakan Ketua KPU Kota Tasikmalaya Dr. Ade Zaenul Muttaqin, M.Ag., ketika ditemui awak media di sela kegiatan pelantikan anggota PPS Pemilu 2024 di salah satu hotel berbintang di Kota Tasikmalaya, Selasa (24/01/2023).

Dan setelah terpilih dan dilantik ini, lanjutnya, para anggota PPS akan melaksanakan tahapan tugas pelaksanaan Pemilu di kelurahan masing masing.

“PPS ini harus bisa bekerja sesuai Undang-undang yang berlaku dan harus membangun tim dengan kompak dan solid. Akan di bantu oleh sekretariat PPS termasuk juga bisa berkoordinasi baik secara eksternal ataupun internal baik secara vertikal ataupun secara horisontal dengan stakeholder yang ada di kelurahannya masing-masing,” ujar Ade.

Untuk hari ini (usai dilantik) lanjut Ade, mulai bekerja dan berkoordinasi dengan lurah untuk mengusulkan sekretaris dan staf PPS di lingkup kelurahan.

Pada tanggal 26 – 30 Januari juga, tambah Ade, PPS ini akan melakukan evaluasi terhadap anggota anggota PPS dalam rekrutmennya, karena ada yang dari tahun 2019 juga anggota baru, “Proposinya antara 60% yang lama dan 40% baru,” jelasnya.

Alasannya adalah, Ade mengatakan karena masih perlu yang berpengalaman di Pemilu 2024 karena kompleksitas dan tugas berat jauh berbeda dengan 2019.

“Akan tetapi kita juga perlu regenerasi khususnya mereka yang berkemauan di bidang IT di tingkat PPS itulah yang bersentuhan secara langsung dalam melakukan sosialisasi juga penyiapan, penghitungan dan pemungutuaan suara,” jelasnya.

Khususnya, kata Ade, dalam melakukan pemutahhiran data pemilih yang nantinya akan dibantu oleh Pantarlih (Panitia Pendaftaran Pemilih) dan  KPPS.

“Untuk TPS sendiri bertambah menjadi 202, karena penambahan penduduk dan kinerja bertambah begitu juga dengan perekrutannya sendiri bertambah banyak,” tandasnya. Sus

Related posts