Lestarikan Budaya Sunda, Padepokan Sukapura Tasikmalaya Gelar Latihan Bersama

 207,206 total views

Lestarikan Budaya Sunda, Padepokan Sukapura Tasikmalaya Gelar Latihan Bersama | Ndhie

Kabupaten, Wartatasik.com – Dimasa pandemi Covid-19, untuk imun tubuh biar tetap terjaga, Padepokan Sukapura melaksanakan latihan bersama dari masing masing cabang padepokan yang ada di Kecamatan di Tasikmalaya, Minggu (31/1/2021).

Latihan bersama tersebut di gelar dipadepokan Sukapura Cabang Gunung Guntur, Desa Padasuka, Kecamatan Sukarame, Kabupaten Tasikmalaya.

Para peserta yang didominasi anak-anak itu begitu antusias mengikuti latihah bersama antar padepokan tersebut, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

A Dede Komarudin pendiri Padepokan Sukapura Cabang Gunung Guntur mengatakan, ini kegiatan latihan bersama untuk mempererat tali sulaturahmi antar padepokan Sukapura yang ada cabang-cabang di tiap kecamatan.

“Yaitu Padepokan Sukapura Cabang Parung Ponteng, Cibalong, Sukarame, Manonjaya dan Ciawi,” ungkapnya kepada wartawan.

Lanjut A Dede, di laksanakanya silat bersama ini digelar tiga bulan sekali, menurutnya, di masa pandemi harus banyak olah raga.

“Biar imun kita sehat dan kuat, tapi kami di sini latihan silatnya memperketat prokes, seperti di wajibkan harus pakai masker dan cuci tangan,” ujarnya.

Menurutnya kebudayaan Sunda di Tasikmalaya ini, kurang eksis, maka dari itu pihaknya sebagai penerus pencak silat, yang menghormati tradisi budaya sunda, khususnya di bidang silat.

“Mudah-mudahan pemerintah maupun yang lainnya bisa mendobrak kesenian pencak silat ini agar mendunia,” pungaksnya. Ndhie

Related posts