Mahasiswa KKN Kelompok 16 UPNVJT Berpartisipasi dalam Kegiatan Bazar Ramadhan UMKM di Kel Pucang Sewu

 86,255 total views

Mahasiswa KKN Kelompok 16 UPNVJT Berpartisipasi dalam Kegiatan Bazar Ramadhan UMKM di Kel Pucang Sewu | ist

Surabaya, Wartatasik.com – Dibulan ramadhan ini, berbeda dengan tahun sebelumnya, karena pemerintah sudah memperbolehkan adanya kegiatan buka bersama, berkumpul bersama selama Ramadhan.

Maka dari itu, diadakanlah Bazar Ramadhan di daerah Pucang Sewu. Seluruh perangkat desa kelurahan Pucang Sewu dan mahasiswa KKN kelompok 16 UPN Veteran Jawa timur juga ikut serta berpartisipasi dalam memeriahkan kegiatan tersebut.

Kegiatan bazar ini dilakukan guna mempersatukan antar UMKM dan minat berjualan warga sekitar dikawasan pucang sewu yang digelarnya bazar Ramadhan. Bazar Ramadhan ini digelar di sekitaran lahan parkiran Altara pucang sewu.

Kegiatan Bazar Ramadhan dipandu oleh Kepala Lurah serta rekan-rekan Karang Taruna RW 08 Kelurahan Pucang Sewu dan tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari berbagai Fakultas Universitas Pembangunan Veteran Jawa Timur (UPNVJT).

Kegiatan Bazaar Ramadhan ini masih sesuai dengan Protokol Kesehatan yang ketat mengingat pandemi Covid belum berakhir.

Sebanyak puluhan stand penuh dengan penjual makanan, minuman serta berbagai kue-kue lebaran. Dari puluhan stand tersebut, sebagian besar penjualnya berasal dari warga asli RW 08 kelurahan pucang sewu kecamatan Gubeng.

Sebelum launching, para pengurus UMKM mengikuti arahan yang dipimpin oleh mahasiswa KKN kelompok 16 Pucang Sewu.

“Ada beberapa meja stand yang dipenuhi oleh beberapa UMKM yang dijual di Bazar Ramadhan tahun ini mayoritas pedagangnya warga RW 08 Pucang Sewu dan diinstruksikan sebelum berjualan” kata ketua karang taruna RW 08, Kamis (21/4/2022).

Selain berlangsungnya Kegiatan Bazar Ramadhan ini, ada live music untuk panitia, yang dapat dinikmati oleh pembeli dan penjual di tempat. Musisi live juga berasal dari mahasiswa KKN kelompok 16 Pucang Sewu.

Ihza Ketua Kelompok KKN 16 Pucang Sewu mengatakan, disini timnya menawarkan hiburan kepada penjual dan pembeli dengan live music, sehingga mereka tidak merasa kesepian. Live music ini berasal dari mahasiswa KKN UPN.

“Selain mengisi live music dan pengarahan pedagang UMKM, mahasiswa KKN kelompok 16 Pucang Sewu Sebagian juga ikut berpartisipasi dalam berjualan,” ucap Ihza.

Ditempat sama, Honest anggota kelompok KKN 16 Pucang Sewu menerangkan, kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk mengajak serta menarik minat UMKM warga pucang sewu untuk semangat dalam berjualan dan terus berinovasi.

“Dilakukannya berjualan ini, guna untuk menggugah semangat warga-warga pucang sewu dalam berjualan. Selain itu juga, warga dapat melirik produk serta contoh hasil penjualan kami sebagai penjualannya seperti kemasan produk kami, kualitas produk dll,” tandas Honest.

Adapun, Bazaar Ramadhan diadakan selama 15 hari dari tanggal 18 April hingga 2 Mei, mulai pukul 15.00 hingga pukul 18.30. Ada beberapa panitia yang ikut berpartisipasi dalam Bazaar Ramadhan ini, yang terdiri dari pengurus kelurahan, ketua karang taruna, limnas, serta anggota kelompok 16 KKN Pucang Sewu. Penulis: Anggraini

Related posts