Pelatihan Batik Shibori sebagai Upaya Pengembangan Potensi Wisata Kampung Batik di Kelurahan Jambangan Surabaya

 25,492 total views

Pelatihan Batik Shibori sebagai Upaya Pengembangan Potensi Wisata Kampung Batik di Kelurahan Jambangan Surabaya | dokpri

Surabaya, Wartatasik.comPada Minggu 15 Mei 2022, Tim pengabdian dari Kelompok 55 KKN MBKM UPN Veteran Jawa Timur, telah mengadakan kegiatan Pelatihan Batik Shibori yang terlaksana di pendopo kantor Kelurahan Jambangan Surabaya.

Pelatihan tersebut dihadiri langsung oleh Ibu Dra. Setya Irama Ningsih M.Si, selaku kepala Kelurahan Jambangan dan dengan menghadirkan pelatih Batik Shibori, Ibu Yulia Ratna Purwani selaku ketua Perpustakaan Pintar Jambangan serta Penggagas berdirinya Pelatihan Batik Shibori di Jambangan sejak 2019 silam.

Peserta yang menghadiri kegiatan berjumlah 10 orang mulai dari warga Kelurahan Jambangan sampai warga luar Jambangan juga turut berpartisipasi dalam kegiatan pelatihan tersebut.

Kegiatan Pelatihan Batik Shibori tersebut dilaksankan dalam rangka proses pengembangan potensi wisata Kampung Batik Jambangan Surabaya.

Bersama dengan Perpustakaan Pintar Jambangan, Tim pengabdian dari Kelompok 55 KKN MBKM UPN Veteran Jawa Timur telah berupaya mengadakan kegiatan tersebut agar dapat mendapatkan hasil yang sesuai tujuan.

Dengan adanya kegiatan pelatihan tersebut, Tim pengabdian berharap untuk warga dan perangkat Kelurahan Jambangan agar bersama-sama andil dalam pengembangan potensi yang ada serta agar wisata Kampung Batik Jambangan dapat mulai dibangun dan dikembangkan.

Kepala Kelurahan Jambangan, Dra. Setya Irama Ningsih M.Si dalam sambutannya dan sekaligus membuka kegiatan ini mengungkapkan terimakasih dan apresiasinya atas penyelenggaraan Pelatihan Batik Shibori ini. Dan berharap kegiatan ini dapat menjadi penyulut berdirinya wisata Kampung Batik Shibori di Kelurahan Jambangan.

“Terima kasih saya sampaikan kepada Bu Yulia selaku ketua Perpustakaan Jambangan yang telah meluangkan waktu sebagai pelatih dalam pelatihan membatik kali ini, serta rekan-rekan mahasiswa UPN yang telah mengupayakan berjalannya kegiatan dengan tertib. Dengan adanya kegiatan pelatihan membatik ini saya berharap dapat memberikan manfaat bagi para warga Jambangan, juga dalam memberikan keterampilan dasar bagi warga Jambangan yang selanjutnya potensi ini dikembangkan menjadikannya sebagai Kampung Wisata Batik Jambangan,” tandas Ibu Irama.

Ketua Perputakaan Pintar Jambangan Ibu Yulia Ratna Purwani, selaku pelatih batik shibori kegiatan ini, dalam sambutannya juga menyampaikan rasa terimakasih kepada rekan-rekan Tim Pengabdian yang telah berhasil menyukseskan kegiatan pelatihan ini.

“Terima kasih banyak kepada Kelompok KKN UPN atas gagasan idenya sehingga dapat terlaksana kegiatan pelatihan ini. Hebat sekali berkat teman-teman pelatihan membatik yang di luaran bisa mencapai 80 ribuan dapat diikuti dengan biaya terjangkau disini” ucapnya.

Beliau juga mengungkapkan bahwasanya dari kegiatan pelatihan ini juga sebagai pendukung bagi Perpustakaan Pintar Jambangan yang mewakili Kota Surabaya dalam rangka Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi. “Secara administratif kegiatan pelatihan ini juga menjadi salah satu dukungan kegiatan bagi Perpustakaan Pintar Jambangan dalam lomba perpustakaan untuk maju ke tingkat provinsi, yang sebelumnya Perpustakaan Pintar Jambangan ini telah berhasil meraih juara 1 se-Kota Surabaya.” ungkap Ibu Yulia dengan penuh semangat.

Kegiatan pelatihan berjalan lancar dan peserta sangat semangat mengikuti setiap proses pelatihannya. Peserta mengamati dan melakukan setiap tahapan pelatihan satu per satu seperti yang diajarkan oleh Ibu Yulia. Tahapan-tahapan tersebut terdiri dari proses melipat kain sesuai pola, mengikat kain dengan karet, mencelupkan kain ke dalam water glass sebagai penguat warna batik, pewarnaan dengan mencelupkan pada pewarna kain, penjemuran kain yang masih terikat agar pewarna dapat meresap, pembukaan ikatan pada kain dan yang terakhir adalah penjemuran kain yang telah dibuka ikatannya.

Setelah usai melakukan serangkaian proses membatik teknik Shibori, para peserta merasa senang dan terpukau dengan hasil karyanya. Setelah proses terakhir telah dilakukan, seluruh peserta beserta para panitia yang terlibat melalukan foto bersama dengan riang. Kegiatan Pelatihan Batik Shibori ditutup dengan doa bersama dan diakhiri dengan ucapan terimakasih dari rekan-rekan Tim Pengabdian terhadap seluruh peserta yang telah sangat berantusias selama acara berlangsung. ***

DPL : Nurul Azizah, S.AB, M.AB,

Penulis : Aprilia Enggar Pratiwi

Tim KKN : Raka Rizky Raihanfalaach, Putri Tasya Nabillah, Dendrit Yahya Qadlizaka, Elfina Nur Hidayat, Irmaya Octavia Elrossi Aisyah, Rania Almira Larinda, Annisa Damaiyanti Nurdiana, Anung Satria Priambudi, Yessy Pristika Efendy, Aprilia Enggar Pratiwi

 

Related posts