Pembinaan Manajemen Prestasi Olahraga Silat, UPI Tasik Tekan MoU dengan KONI

 73,655 total views

Pembinaan Manajemen Prestasi Olahraga Silat, UPI Tasik Tekan MoU dengan KONI | Suslia

Kab, Wartatasik.com – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Tasikmalaya bekerjasama dengan Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Kabupaten Tasikmalaya dalam pembinaan manajemen prestasi olahraga silat, Senin (07/06/2021).

Hal itu, pasca para akademisi yang terdiri dari Dr. Heri Yusuf Muslihin, M.Pd., Dr. Elan M.Pd, Istikhoroh Nurjaman, MP.d, Drs. H. Oyon Haki, M.Pd dan Wulan Nurlela, M.Pd berhasil meluncurkan buku Paguron Pencak Silat Kabupaten Tasikmalaya.

Kerjasama pembinaan manajemen prestasi olahraga silat antara UPI dan KONI ini dituangkan dalam bentuk MoU yang ditandangani di Gedung Rektorat UPI Kota Tasikmalaya, Jalan Dadaha No. 18, Kelurahan Kahuripan, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Dr. Heri Yusuf Muslihin, M.Pd dari UPI Tasikmalaya mengungkapkan, kegiatan pembinaan manajemen ini merupakan salah satu kegiatan dari implementasi Tri Dharma Perguruan tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat.

“Kerjasama ini merupakan realisasi gagasan dari Lembaga Pengabdian Masyarakat UPI, bahwa di Tasikmalaya banyak insan olahraga pencak silat yang memiliki potensi untuk dikembangkan salah satunya untuk mendorong ke arah prestasi,” ungkapnya

Heri menambahkan, di Kabupaten Tasikmalaya terdapat puluhan paguron pencak silat, dimana keberadaannya merupakan satu aset yang perlu ditingkatkan pengembangannya terutama disisi manajemen prestasi.

“Dari puluhan paguron itu, hanya enam paguron yang konsen kepada pembinaan prestasi, selebihnya lebih kepada pengembangan mempeetahan seni pencak silat,” tuturnya.

Pria berperawakan tinggi ini berharap dengan adanya pembinaan dan pengembangan manajemen prestasi olahraga pencak silat ini dapat memicu terhadap pengembangan seninya, juga karena menurutnya faktor prestasi memiliki jenjang prestasi yang sudah jelas di KONI.

Di tempat yang sama Ketua KONI Kabupaten Tasikmalaya Drs Saeful Hidayat memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran UPI Tasikmalaya atas terjalinnya kerjasama ini

Ia berharap, momen ini menjadikan motivasi bagi para pengurus paguron yang berada di bawah Ikatan Pencak Silat Indonesia Pengurus Cabang Kabupaten Tasikmalaya.

“Pencak silat adalah olahraga warisan dari leluhur nenek moyang, ini tanggungjawab kita semua untuk bisa melestarikannya, pada kesempatan ini saya ucapkan terima kasih kepada UPI Tasikmalaya untuk bersama-sama mememelihara warisan ini,” pungkasnya. Suslia

Related posts