Pembuatan ‘Sign System’ Lawang Seketeng Oleh Kelompok 78 KKNT UPN “Veteran” Jawa Timur

 29,570 total views

Mahasiswa Kelompok 78 KKNT UPN “Veteran” Jawa Timur | dokpri

Surabaya, Wartatasik.comPada hari minggu, 23 Mei 2022 Kelompok KKN T 78 UPN “Veteran” Jawa Timur melaksanakan pembuatan dan pemasangan Sign Sytem di Lawang Seketeng tepatnya di Kelurahan Peneleh, RW 15, Surabaya.

Kegiatan ini merupakan solusi mengenai kurangnya informasi penanda jalan objek wisata setempat. Hal ini dilakukan agar mempermudah pemetaan objek wisata setempat, diantaranya Langgar Dukur, Makam Mbah Pitono, Rumah Poeing, Sumur Majapahit, Tera Kota, dan Kuliner Lawang Seketeng.

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah perihal arah penunjuk yang akan disematkan pada plang. Pada dasarnya, plang ini memang mempunyai fungsi untuk menunjukan arah.

Bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke sebuah tempat wisata, tentu kehadiran plang ini sangat diperlukan. Dengan begitu, tentu arah yang dibuat pun haruslah jelas dan bisa dibaca atau dipahami oleh semua orang.

Pembuatan Sign System diawali dengan pemotongan papan kayu kemudian dilanjutkan dengan pengecatan tipografi yang mudah dibaca. Tiang besi dipilih agar plang lebih kokoh. Setelah itu, dilakukan pemasangan pada titik yang telah disepakati dengan Ketua RW dan Pokdarwis setempat.

Sign System dipasang di dua titik yaitu pada persimpangan pertama pada gangLlawing Seketeng dan persimpangan antara Langgar Dukur dan Makan Mbah Pitono. Setelah pemasangan selesai, selanjutnya adalah kegiatan peresmian yang dilakukan oleh perangkat desa setempat.

Mahasiswa Kelompok 78 KKNT UPN “Veteran” Jawa Timur | dokpri

Kegiatan ini sangat di dukung oleh Kepala RW setempat yang dibuktikan dengan kesediaan beliau dalam mendampingi dan ikut serta selama kegiatan dilaksanakan. “Sangat membantu bagi pengunjung baru yang akan melihat area destinasi wisata di RW 15 Lawang Seketeng” ujar Ketua RW. **

DPL : Heidy Arviany S.Sos., M.A

Penulis : Alif Putra Pating Gusti

Tim KKN : Ananda Husni, Rasyyida Fadhil, Tyas Ayu, Niswah Brilliantia, Albar Permana, Alif Putra Paring Gusti, Muhammad Alfin, Latifah Frimadani, Tiara Fernanda, Trifandy Juniar

Related posts