Pengabdian Masyarakat Mahasiswa UTM Lakukan Sosialisasi dan Pelatihan Inovasi Produk Olahan Susu Sapi Perah di Desa Carangwulung

 42,850 total views

Foto bersama warga dalam kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Inovasi Produk Olahan Susu Sapi Perah di Desa Carangwulung, Wonosalam | dokpri

Jombang, Wartatasik.comMahasiswa Pengabdian Masyarakat Universitas Trunojoyo Madura dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan Albitar Septian Syarifudin, S.Pd.,M.Pd. dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) mengadakan kegiatan Sosialsasi dan Pelatihan Inovasi Produk Olahan Susu Sapi bagi para pemilik ternak sapi perah di Segunung Carangwulung, Wonosalam, Kab. Jombang, pada Sabtu (28/05/2022).

Sosialisasi dan pelatihan ini merupakan salah satu bentuk Pengabdian Masyarakat Universitas Trunojoyo Madura Kelompok 11 yang dilaksanakan di Segunung Carangwulung, Wonosalam, Kab. Jombang yang bertujuan membantu para pemilik ternak sapi perah yang tergabung dalam kelompok ternak sapi perah “Perah Jaya” untuk memiliki pegetahuan lebih tentang inovasi produk olahan susu sapi yang memiliki nilai jual tambah dalam berwirausaha serta dapat dijakan produk unggulan desa yang dapat menciptakan peluang kerja untuk orang lain.

Kegiatan ini dilaksanakan di salah satu rumah anggota kelompok ternak sapi perah “Perah Jaya” yakni di rumah Ibu Mujiasih. Yang mana tempat tersebut merupakan tempat mereka untuk menyetorkan hasil perah susu sapi di pagi dan sore hari.

Dalam kegiatan tersebut, ibu-ibu pemilik ternak sapi perah dilatih untuk membuat salah satu produk olahan susu sapi berupa Susu Jelly (Sujel). Susu Jelly dipilih karena Susu Jelly ini pasarnya luas yakni dapat dinikmati oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain itu, banyaknya pemilik ternak sapi perah juga memudahkan untuk mendapatkan bahan baku utamanya.

Proses Pelatihan Inovasi (Pembuatan Susu Jelly) | dokpri

“Kami mengusulkan inovasi produk Susu Jelly ini karena selain pasarnya yang luas (bisa dinikmati oleh semua kalangan) juga karena bahan baku yang mudah didapat di pemilik ternak sapi perah. Sehingga sekaligus dapat membantu meingkatkan perekonomian pemilik sapi perah di lingkungan sekitar”, begitu kata Nur Dini, salah satu penanggung jawab dari kegiatan ini.

Selain dilatih untuk menginovasi produk, Mahasiswa Pengabdian Masyarakat Kelompok 11 UTM juga memberikan beberapa gambaran tentang produk olahan berbahan dasar susu sapi, memberikan tambahan pengetahuan tentang kiat-kiat berwirausaha dan mengelola ekonomi pasca pandemic.

Maka dari itu, melalui kegiatan sosialisasi dan pelatihan inovasi produk olahan susu sapi kepada ibu-ibu pemilik ternak sapi perah diharapkan dapat memotivasi agar mau mengimplementasikan sedikit ilmu yang telah kita berikan, serta diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian para pemilik ternak sapi perah di Segunung Carangwulung, Wonosalam, Kab. Jombang pasca pandemic Covid-19 ini.

Hasil Inovasi Produk (Susu Jelly) | dokpri

DPL : Albitar Septian Syarifudin, S.Pd.,M.Pd.

Penulis : Nur Lelly Mellania

Tim Pengabdian Masyarakat : Ahmad Rizki, Sintiya Pebriani, Muji Vina Maulani, Rifki Mega Prayugi, Ahmad Rivaldhi Zakaria, Ananda Pratama, Putri Cahya, Faiq Ubaidillah, Ni’matin Khoiroh, Nur Dini Rifaiyah, Naila, Salsasabilla, Nur Lelly Mellania, Gagas Koyyim Taimiyah, Abdul Rouf, Muhammad Solehudin Ardianto.

Related posts