Penyerahan Sertifikat WUB Sektor Peternakan, Peserta: Terima Kasih DKP3 Kota Tasik

 85,290 total views

Penyerahan Sertifikat WUB Sektor Peternakan, Peserta: Terima Kasih DKP3 Kota Tasik | Asron

Kota, Wartatasik.com – Para peserta program Wirausaha Baru (WUB) mendapatkan sertifikat kepesertaan Pelatihan dan Magang kegiatan pencetakan WUB Sektor Peternakan DKP3 Kota Tasikmalaya TA 2021, di Aula DKPP, Rabu (17/11/2021).

Sebelum penyerahan sertifikat, diadakan terlebih dahulu pematangan materi kompetensi umum (MKU) program pencetakan WUB dengan menghadirkan narasumber Dede Sukmajaya.

Kasi Kesmavet DKPPP Kota Tasikmalaya Arip Rahman Hakim S.Pt., mengatakan program WUB ini untuk
membuat kreativitas dan inovasi produk supaya bisa berdaya saing dengan yang lainnya.

Terlebih kata Arip, untuk saat ini bisa memanfaatkan kemajuan teknologi informatika diantaranya promosi lewat medsos. Ia ingin, dengan memiliki sertifikat pelatihan WUB ini bisa dijadikan motivasi para peserta dalam mengembangkan usahanya.

“Semoga dengan adanya pelatihan pematangan para peserta yang berjumlah 70 orang ini bisa mengembangkan atau menjalankan hasil dari pelatihan dan magang ini menjadi WUB handal. Bisa mengangkat perekonomian dan mengurangi pengangguran melalui program ini ” harap Arip.

Arip menandaskan bahwa dengan memiliki sertifikat pelatihan WUB ini bisa dijadikan motivasi para peserta dalam mengembangkan usahanya.

Sementara itu, Dede Sukmajaya mengakui dalam kehadirannya sebagai narasumber hanya sebatas sharing dan memberikan motivasi kepada puluhan peserta WUB Bidang Peternakan DKP3.

Pasalnya, ia menyebut, kalau bicara tentang wirausaha, itu adalah sebuah proses kegiatan perjalanan dengan tujuan bagaimana usaha bisa lebih maju sebelumnya.

“Harus dijalani dan didasari oleh beberapa faktor diantaranya niat kuat, keinginan, aksi, kontinyuitas (Istiqomah) dan berdoa,” ujar Dede.

Dia berharap, para peserta dapat maksimal menyerap ilmu dari MKU percetakan WUB sektor peternakan dan yang penting faktor keberhasilan dari wirausaha adalah sikap atau mental, karena jangan coba coba ingin jadi pengusaha jika mentalnya pun tidak persiapkan.

“Harus punya keberanian lakukan action dengan segala resikonya. Karena semua orang punya tujuan sukses dan hasil tiap kegiatan terutama usaha. Perjalanan mental harus kita punya, mentalitas,” beber Dede.

Ditempat yang sama, salah seorang peserta WUB Ahmad Saroni dari Kelurahan Tanjung Kecamatan Kawalu mengaku sangat terbantu dengan program ini, terlebih masyarakat yang berjibaku dalam dunia pertanian.

“Terbantu sekali dengan WUB ini, salah satunya dalam hal enterpreneur, dalam artian bagaimana pelaku usaha tani itu lebih maju untuk Jabar juara. Insya Allah naik peringkat UMKM dengan adanya WUB ini,” tutur Ahmad.

Peserta ini memiliki aktivitas pembuatan kerupuk tulang dan leading sektornya di bidang peternakan. kebetulan, sehingga dengan program ini mampu menambah manejemen usaha.

“Kendalanya saat ini lagi pandemi, link pemasaran agak sulit. Saya sudah tiga tahun berjalan dengan modal mandiri. Alhamdulilah ada secara manejemen WUB sangat membantu. Terima kasih DKP3 dan Bidang Peternakan,” pungkasnya. Asron

Related posts