Program Tujuh Turunan, Pokdarwis Kab Ciamis Budidayakan Bibit Kelapa ‘Genjah’

 265,300 total views

Program Tujuh Turunan, Pokdarwis Kab Ciamis Budidayakan Bibit Kelapa ‘Genjah’ | Wan.K

Ciamis, Wartatasik.com – Sudah hampir tiga bulan Wakil Ketua Umum Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat mencoba pengadaan bibit kelapa jenis Genjah.

Waketum Pokdarwis Sandri Zulfikar menjelaskan, bibit kelapa jenis Genjah ini salah satu program dengan istilah tujuh turunan untuk bekal anak cucu di masa depan.

“Bibit kelapa ini hanya bermodal satu kali, akan tetapi bakal meraup manfaat seumur hidup, terkecuali pohon kelapa tersebut ditebang,” ucap Sandri Sabtu (24/07/2021) di kediamannya.

Ia melanjutkan, pengadaan bibit ini bertujuan dari pengembangan program Pokdarwis mengajak masyarakat khususnya kabupaten Ciamis agar bersama sama menanam dan pengembangbiakan bibit jenis kelapa Genjah.

“Tiada lain, kelebihan yang paling unik dari bibit kelapa Genjah tersebut ketika sudah tua tidak susah untuk dipanjat, karna ketinggian pohonnya mulai satu sampai lima meter,” jelas Sandri.

Berdasarkan informasi dari para petani, untuk harga jual bibit jenis kelapa Genjah senilai 50.000 dengan masa berbuahnya sekitar dua sampai 4 tahun, itu juga tergantung cara merawatnya.

Bahkan kata Sandri, kelapa Genjah mulai muncul buah diketinggian 3 jengkal samai 1 meter, sedangkan untuk pengelolaan tersebut tergantung dalam memelihara. Karena, kalau tidak bisa mengurusnya tetap ukuran pohon akan menjadi tinggi.

Sementara itu, Ketua Umum Pokdarwis kabupaten Ciamis Eko Andryanto mendukung penuh salah satu program ini.

“Saya berharap, untuk pengadaan bibit kelapa Genjah ini berjalan lancar dan banyak diminati oleh masyarakat,” pungkasnya. Wan.K.

Related posts