Sejumlah Program Dinkes Dalam Meminimalisir Kematian Ibu dan Anak

 769 total views,  2 views today

Kepala Bidang Kesmas Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya dr.H. Sarwono | EQi

Kota, Wartatasik.com– Ditemui di ruang kerjanya, Kepala Bidang Kesmas Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya dr. H. Sarwono, mengatakan bahwa pada tahun 2018, pihaknya tetap menekankan pada peningkatan, perbaikan sarana Sanitasi Lingkungan, yang kebetulan bertepatan dengan hari air sedunia sehingga semua aspek yang berkaitan harus ditingkatkan.

“Selain itu, kami juga rutin melakukan himbauan terhadap masyarakat agar tidak buang air sembarangan,  juga meningkatkan program seribu kehidupan. Kepada para petugas dan para bidan juga kami selalu menekankan tugasnya bukan hanya mengurus proses kehamilan saja,  melainkan mulai proses kehamilan ampai 1000 hari anak lahir juga sampai balita,  sehingga anak dan ibunya tidak kekurangan gizi atau tidak mengalami gizi buruk. Sehingga resiko kematian ibu dan anak dapat diminimalisir,” paparnya.

Ia menambahkan pihaknya juga memiliki program peningkatan seribu hari kehidupan pihaknya dengan menyediakan tablet penambah darah,  juga memberikan konseling,  penyuluhan kepada ibu hamil yang usianya di bawah 20 tahun. “Kami inten melakukan koordinasi dengan dokter spesialis kandungan dan anak,  melakukan sosialisasi kepada para bidan dan Puskesmas agar melakukan konseling bagi ibu ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas. Hal tersebut dimaksudkan untuk menekan angka kematian ibu dan anak di Kota Tasikmalaya,”  pungkasnya EQi

Related posts